18 Prajurit Kodam XII/Tpr Purna Tugas Satgas TNI Konga Unifil Lebanon

18 Prajurit Kodam XII/Tpr Purna Tugas Satgas TNI Konga Unifil Lebanon

104
BERBAGI
Foto: Prajurit Kodam Yang Sudah Kembali Ke Kodam XII/Tpr/Istimewa

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos, memberikan keterangan kepada awak media, bahwa sejumlah Prajurit Kodam XII/Tpr yang tergabung Pasukan Perdamaian PBB, telah kembali ke Kodam XII/Tpr.

Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Tri Rana Subekti mengatakan, prajurit Kodam XII/Tpr sebanyak 18 Prajurit termasuk satu Kowad yang tergabung dalam misi Perdamaian PBB sebagai Satgas TNI Konga Unifil Lebanon, yang sebelumnya bertugas selama satu tahun telah kembali ke tanah air dengan selamat.

“Perlu kita ketahui bersama, sesuai UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI disebutkan, bahwa tugas pokok TNI tersebut dilakukan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Sedangkan OMSP sendiri salah satunya adalah melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri,” terang Kapendam XII/Tpr.

Sementara prajurit Kodam XII/Tpr yang tergabung anggota Satgas TNI Konga Unifil Lebanon, kata Kapendam merupakan duta bangsa Indonesia telah mampu menyelesaikan tugas secara profesional sebagai penjaga perdamaian dunia, yang dihadapkan pada permasalahan dan tantangan tugas yang sangat kompleks.

“Pelaksanaan tugas pokok tersebut, tidak mudah dihadapkan dengan kondisi demografi, sosial budaya penduduk setempat. Namun, Prajurit Kodam XII/Tpr dinyatakan berhasil melaksanakan tugas dengan baik oleh PBB,” tegas Kapendam

Selain itu, kata Kapendam dengan kedatangan Satgas ini, diharapkanya bisa memberikan semangat dan motivasi bagi prajurit lainnya untuk lebih berprestasi, serta berdampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia.

“Juga dedikasi dan semangat yang para prajurit tunjukkan pada misi Unifil ini, telah menambah kapasitas diplomasi Indonesia dan memperbesar profil TNI di mata dunia,” ungkapnya.

Kapendam XII/Tpr mengajak, untuk para pemuda-pemudi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang masih duduk di bangku sekolah atau masih menjadi Mahasiswa, untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Mari bergabung di TNI Angkatan Darat, di TNI pun banyak kesempatan untuk ke Luar Negeri, baik melalui pertukaran pendidikan maupun tugas-tugas lainnya,” pungkasnya.

(Viky/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR