Bupati Mempawah Lantik Pejabat untuk Tempati SOPD Baru

Bupati Mempawah Lantik Pejabat untuk Tempati SOPD Baru

931
BERBAGI
Foto: Pejabat di jajaran Pemkab Mempawah yang dilantik dan di kukuhkan saat diambl sumpahnya/Hamzah

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Bupati Mempawah, Ria Norsan melantik sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Mempawah, Selasa (3/1) yang berlangsung di aula kantor bupati.

Pelantikan dan pengukuhan pertama pada pukul 09.00 WIB yaitu dilakukan pada jajaran Eselon 2 yang terdapat 15 Kepala SKPD Kabupaten Mempawah diambil sumpah jabatan, dari ke15 pejabat SKPD tersebut diantaranya Drs. Ismail, MM sebelumnya menjabat Asisten Ekonomi dan Kesra Sekretaris Daerah menjadi Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sekretaris Daerah.

Adapun pejabat yang dilantik adalah Ir.Suhelmi Rizal sebelumnya Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Keuangan menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir. H.M Asfahani Arsyad, MM tetap menjabat staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, kemudian Anwar.S.ip tetap menjabat sebagai Sekwan DPRD, Drs.Abdullah, M.Si yang sebelumnya Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya, Firman Juli Purnama, S.Sos.M.Siyang tetap menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, dr. Hj Armini, M.Ph yang sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan menjadi Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

dr. Ikke Wisaksono,M.Ph yang sebelumnya Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menjadi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Lain pihak, Ir.Syahrizal sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Daerah menjadi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, H.Ridwan Rusli, SH. MH sebelumnya Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan dirubah menjadi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Kemudian, Darwin, SE. MM sebelumnya Kepala DInas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM dan Pertambangan Energi dirubah menjadi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Hamdani. ST sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Drs.Zulkifli, M.Si sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Drs.Suharjo Lie sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah, selain itu, Bupati juga melantik ratusan pejabat eselon III dan IV

Usai acara Ria Norsan menjelaskan pelantikan dan pengukuhan kembali pejabat lingkungan Kabupaten Mempawah mengacu pada Peraturan Pemerintah No.18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah sebagai pengganti peraturan pemerintah No.41 Tahun 2007.

“Pelantikan ini juga merujuk peraturan pemerintah daerah nomor 5 tahun 2016 tentang susunan perangkat daerah kabupaten Mempawah, dan peraturan bupati Mempawah tentang struktur organisasi serta tugas pokok, dan fungsi perangkat daerah yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pelantikan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya pelantikan dan pengukuhan dirinya mengingat adanya pejabat baru yang menempati posisi baru, maka dilakukan pelantikan, sedangkan pejabat lama dengan posisi yang lama dikukuhkan kembali.

“Merujuk dari PP 41 telah menginstruksikan bahwa seluruh perangkat daerah membentuk SOPD baru, dan saat inilah kita mengisi perangkatnya,” ucap Norsan.

Dirinya pun menuturkan adanya penggabungan badan-badan, seperti badan ketahanan pangan dan lain sebagainya otomatis ada pergeseran kepemimpinan, dan untuk pemerataan para pimpinan akan dilakukan roling setelah beberapa bulan kepemimpinan.

“Untuk SOPD baru nanti akan diadakan lelang jabatan,” tukasnya.

Selain itu, Norsan meminta kepada seluruh pejabat yang dikukuhkan maupun dilantik untuk memegang amanah yang telah diberikan.

“Jabatan adalah amanah dan amanah harus dipegang sebaik mungkin,” pesannya.

Norsan pun turut mengingatkan, dalam sumpah jabatan yang telah diucap harus dipegang teguh, karena sumpah janji jabatan tersebut merupakan hal yang sakral.

“Ketika mengucap sumpah janji jabatan, hal itu bukan hanya kita yang tau, namun semua harus dipertanggung jawabkan kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Pelantikan dan pengukuhan pejabat pada saat itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, Kejari Mempawah, Bambang Septiadi, Kapolres Mempawah, dan AKBP. Dedi Agustono,S.IK.

(Hamzah/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR