Jalan dan Jembatan di Desa Laban Rusak Parah

Jalan dan Jembatan di Desa Laban Rusak Parah

BERBAGI
Foto: Jalan Rusak yang ada di desa Laban, Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Infrastruktur jalan di Kapuas Hulu masih perlu dimaksimalkan. Masih banyak jalan yang rusak parah dan belum tercover oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Salah satunya jalan di desa Laban, kecamatan Kalis yang mana kerusakan jalan begitu parah membuat jalan tersebut seperti kubangan lumpur, ketika hujan turun.

Salah seorang warga Kalis, Kimbun menuturkan, jalan desa Laban tersebut berada pada jalur antara simpang jalan menuju desa Kensurai, menuju desa Lebangan.

Menurutnya, kerusakan jalan tersebut sudah lama namun belum juga ada perbaikan menyeluruh dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Keluarga yang datang dari lebangan ke tempat saya di Hulu Tubuk selalu mengeluhkan jalan itu, sudah seperti kubangan lumpur. Orang pun sulit melewatinya,” kata Kimbun, Minggu (8/1).

Kimbun mengaku tidak tahu persis berapa panjang kerusakan jalan desa Laban, namun itu kerusakan tersebut cukup panjang. Apabila dari simpang Kensurai menuju Lebangan, sekitar 30 menit harus melewati jalan berlumpur tersebut.

“Saya waktu lewat jalan itu keadaanya hujan, sekitar setengah jam lewat jalan lumpur itu, baru seterusnya bisa ke lebangan,” paparnya.

Menurutnya, ada sebagian kayu yang sengaja disusun warga di bagian pinggir jalan yang berlumpur agar kendaraan yang digunakan warga untuk melewati jalan tersebut tidak amblas. Hanya saja jalur kayu yang dibuat, sekedar cukup untuk satu kendaraan roda dua. Jadi warga yang mau melintasinya harus bergantian.

“Kalau ada berapa motor yang berpas-pasan kami tetap ngantri dulu,” kata dia.

Selain jalan yang rusak, disekitar desa Laban juga ada jembatan yang rusak cukup parah. Beberapa kayu jebatan tersebut sudah patah.

“Jembatan juga ada yang rusak, lama-lama tentu rusak parah,” ujar Kimbun.

Dia mengharapkan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dapat memperbaiki jalan desa Laban tersebut. Pasalnya jalan itu merupakan akses utama masyarakat di beberapa desa pedalaman Kalis, untuk menuju pusat ibu kota kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau.

“Kami tetap berharap jalan dan jembatan yang ada di desa Laban tersebut dapat diperbaiki Pemkab Kapuas Hulu tahun ini,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR