Dinas Dukcapil Kubu Raya Siap Bantu KPU

Dinas Dukcapil Kubu Raya Siap Bantu KPU

131
BERBAGI
Foto: Kamaludin/Viky

Kubu Raya, thetanjugpuratimes.com – Daftar pemilih yang kredibel menjadi salah satu kunci kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang demokratis, karena akan memberikan pengaruh kepada terpenuhinya hak warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih, serta mempengaruhi tingkat kepercayaan peserta pemilu dan legitimasi atas hasil pemilu itu sendiri. Kesalahan manajemen dan pengadministrasian daftar pemilih dapat menyebabkan hilangnya hak pilih.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya Kamaluddin mengatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil Kubu Raya jelang Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

“Kita juga sudah diperintah oleh Menteri untuk aktif turut membantu kelancaran tugas mereka, walaupun Disdukcapil tidak terlibat secara langsung dalam hal itu,” ujar dia saat ditemui diruanganya pada Selasa (10/01) siang.

Dirinya berharap, jika ada verifikasi data dari KPU, Disdukcapil akan siap untuk membantu dalam pendataan masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Jadi masyarakat yang ingin memilih namun belum melakukan perekaman, atau bagi masyarakat yang tidak memiliki Surat Keterangan (SK) untuk menjadi pemilih dalam pemilu nanti, kami akan membantu agar masyarakat tersebut memiliki SK, agar dapat terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada yang akan diselenggarakan pada tahun 2018 nanti,” pungkasnya.

(Viky/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR