Disdukcapil Kubu Raya Kehabisan Blangko E-KTP

Disdukcapil Kubu Raya Kehabisan Blangko E-KTP

251
BERBAGI
Foto : Ilustrasi E-KTP/hallojakarta.com

Kubu Raya, thetanjugpuratimes.com – Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kubu Raya Kamaluddin mengatakan bahwa Disdukcapil Kubu Raya tidak kesulitan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sejak habisnya blanko E-KTP pada awal Oktober 2016 lalu.

Dirinya menilai, pelayanan pembuatan KTP, KK, dan Surat Pindah kepada masyarakat sampai saat ini tidak mendapatkan kendala-kendala yang cukup menyulitkan.

“Kecuali untuk perekaman KTP pada tanggal (01/10) 2016 itu blankonya memang sudah kosong. Sedangkan petunjuk dari pusat keterbatasan blanko itu dikarenakan pelelangan yang gagal,” terangnya, Selasa (10/1) siang.

Dia menerangkan, atas pelelangan blanko yang gagal tersebut mengakibatkan pihaknya tidak mendapatkan distribusi pengadaan blanko pada tahun 2016. Namun melalui surat peredaran dari Menteri, yang mengimbau pihaknya untuk mengantisipasi kelangkaan blanko dengan Surat Keterangan (SK) perekaman E-KTP.

Ditambahkannya, SK tersebut di berikan kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman, tetapi tidak mendapatkan fisik dari E-KTP itu sendiri, dan berfungsi untuk Pilkada, Pilkades, BPJS, Kepolisian,  dan lain-lainya sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, terhitung dari bulan oktober kemarin kita sudah merekam surat keterangan kurang lebih sekitar 6ribuan.Tapi itu digunakan untuk masyarakat yang ingin menggunakan SK itu, bagi yang tidak, mereka akan menunggu sampai blanko itu tiba,” terang dia

Dikatakanya, masyarkat yang ingin mendapatkan SK, cukup menyerahkan KK yang sudah ditanda tangani oleh pihaknya yang berada ditingkat Kecamatan sebagai bukti bahwa masyarakat tersebut sudah melakukan perekaman.

“Karena perekaman itu langsung terkirim. Dan alhamdulillah hal ini dapat terus berjalan dengan lancar sampai dengan saat ini,” tuturnya.

(Viky/faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR