Cara Mengatasi Racun yang Tertelan

Cara Mengatasi Racun yang Tertelan

115
BERBAGI
Foto : Ilustrasi terminum racun/alodokter.com

Thetanjungpuratimes.com – Racun yang tertelan dapat Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi racun yang tertelan. Agar ketika orang di sekitar Anda mengalami keracunan, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Racun adalah segala suatu yang dapat melukai atau pun membunuh melalui reaksi kimia yang terjadi. Umumnya, keracunan disebabkan oleh sesuatu yang tertelan. Racun yang tertelan dapat berasal dari makanan, minuman, kesalahan dalam mengonsumsi obat (baik kelebihan dosis atau salah menggunakan obat), disengaja maupun tidak menelan produk pembersih rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Selain melalui mulut, racun juga bisa memasuki tubuh dengan cara dihirup melalui udara, terserap kulit, melalui suntikan, paparan radiasi, atau gigitan binatang beracun.

Sebelum Atasi, Kenali Dulu Gejalanya

Gejala yang muncul dari racun yang tertelan dapat beragam tergantung pada zat yang tertelan. Berikut ini adalah gejala yang umumnya muncul:

Perut sakit

Kehilangan nafsu makan

Kesulitan bernapas

Dari mulut tercium bau zat kimia

Warna bibir kebiruan

Merasa tidak enak badan

Lemah, pusing

Dada sakit

Batuk

Diare

Hilangnya kontrol kandung kemih

Kesulitan menelan

Muncul ruam di bagian kulit

Produksi air liur dalam jumlah yang tidak normal, bisa sangat berlebihan, atau kering pada mulut dan kulit

Kejang

Hilang kesadaran atau bahkan koma

Begini Cara Mengatasi Racun yang Tertelan

Ketika seseorang di sekitar Anda tidak sengaja atau sengaja menelan racun, cobalah untuk tidak panik dan segera hubungi rumah sakit terdekat. Lalu, lakukan beberapa pertolongan pertama seperti di bawah ini :

Hindari untuk membuat penderita dengan sengaja memuntahkan racun yang sudah masuk ke dalam tubuh. Karena hal tersebut dapat berbahaya. Jika sisa racun masih ada di dalam mulut, minta penderita untuk meludahkannya. Ingat, bukan memuntahkan.

Jika penderita tidak sengaja muntah, segera bersihkan jalur pernapasan (tenggorokan dan mulut) penderita. Anda bisa membalutkan kain bersih ke jari atau tangan Anda sebelum membersihkan jalur pernapasan korban yang keracunan.

Bangunkan penderita bila ia tidak sadarkan diri. Minta penderita untuk meludahkan apa pun dalam mulutnya. Sambil menunggu pertolongan medis datang, pastikan penderita berada pada posisi yang nyaman, tidurkan miring ke arah kiri. Tambahkan bantal atau penyangga pada punggung mereka dan geser kaki yang di posisi atas agar ke depan untuk mendapatkan posisi pemulihan (recovery position). Atau dalam posisi duduk apabila korban keracunan masih sadar.

Pastikan penderita tetap sadar hingga tim medis datang. Apabila korban keracunan tidak bernapas, lakukan prosedur CPR (resusitasi jantung paru) jika Anda mengetahui caranya.

Jika zat berbahaya tersebut mengenai baju atau kulit penderita, segera bersihkan.

Racun bisa berasal dari berbagai macam hal, mulai dari bahan kimia, makanan, minuman beralkohol, obat-obatan, bahkan binatang. Jika ada orang di sekitar Anda atau kerabat yang secara sengaja atau tidak menelan racun, segera hubungi rumah sakit terdekat dan lakukan pertolongan pertama di atas.

(alodokter.com/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR