Coba Cara ini Untuk Menstabilkan Harga Cabai

Coba Cara ini Untuk Menstabilkan Harga Cabai

125
BERBAGI
Foto: Cabai olahan/rajamakan.com

Pontianak, thetanjungpuratimes.com –  Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi Tri Wibowo mengatakan pihaknya akan berupaya untuk menekan harga cabai, dengan membuat cabai rawit olahan.

Hal tersebut dilakukan karena setiap tahun harga cabai secara rutin mengalami kenaikan. Dengan adanya cabai olahan maka harga cabai diharapkan dapat stabil walaupun persediaan terbatas.

“Kami dari dinas sedang melakukan pengkajian untuk membuat home industri. Ketika panen berlimpah harganya murah Rp20 ribu per kilogram, kita bisa buat produksi cabai industri, cabai botol yang bahan bakunya dari cabai rawit. Karena yang pentingkan rasanya,” ujarnya  Rabu (11/1).

Dirinya optimis dengan cara itu akan bisa memenuhi kebutuhan cabai masyarakat, ketika harga melejit. Pihaknya akan membina industri kecil untuk menyukseskan inovasi tersebut.

“Jadi ketika harga cabai tinggi dan stoknya terbatas kita bisa menggunakan itu. Pola pikir konsumen juga harus diubah. Konsumen jangan menggunakan cabai segar saja, tapi kan rasanya tadi, bisa menggunakan bahan cabai olahan,” terangnya.

Selama ini, katanya yang ada di pasaran hanya olahan cabai giling besar. Hal ini sudah terbukti di bawang merah. Ketika langka, ada bawang goreng kemasan yang menggantikannya yang rasanya tidak berbeda dengan bawang merah sebelum olah.

“Cabai rawit olahan tahun ini mulai kita coba dan membuat penelitian itu. Kita tidak bisa membiarkan ini terus belarut-larut setiap tahun. Kita akan coba riset dulu dalam waktu dekat,” pungkasnya.

(Agustiandi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR