Pemkot Pontianak Serahkan Sertifikat Tanah Gratis ke Warga

Pemkot Pontianak Serahkan Sertifikat Tanah Gratis ke Warga

139
BERBAGI
Foto: Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menyerahkan sertifikat tanag secara gratis ke warga/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kota Pontianak menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di kawasan Parwasal Dalam, Siantan Tengah, Pontianak Utara, Rabu (11/1). Total tanah yang diberi sertifikat itu yakni 48 hektare yang dimiliki oleh 200 warga.

“Ini merupakan program yang sangat luar biasa dari pemerintah. Terutama di jajaran Badan Pertanahan Nasional (BPN), dimana memberikan 200 sertifikat kepada warga Kota Pontianak secara¬† gratis,” ucap Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

Pemberian sertifikat tersebut, katanya adalah dalam rangka konsolidasi penataan tanah sesuai dengan rancang bangun tata wilayah Kota Pontkanak.

“Dengan adanya sertifikat terhadap lahan yang dimiliki warga ini, maka masyarakat mempunyai kepastian dan landasan hukum terhadap tanah yang dimilikinya,” ujar Edi.

Ia juga menambahkan dari awal program tersebut telah dilakukan pemetaan terhadap kondisi lahan milik warga. Warga yang mendapat juga diprioritaskan yang memiliki surat-surat asal terhadap lahan tersebut.

“Kemudian masyarakat yang mempunyai sertifikat tapi lahannya masih tidak teratur, dan tidak mempunyai jalan dan bentuknya juga tidak bagus. Sehingga harus ditata ulang dan ini juga untuk mendukung penataan wilayah perkotaan,” jelasnya.

Walapun Pemkot mengratiskan biaya penerbitan sertifikat, namun masyarakat masih tetap dibebankan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Hal itu dilakukan untuk pendapatan karena bisa dijadikan pendapatan daerah.

Satu di antara warga yang menerima sertifikat gratis, Marwan, mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah Kota Pontianak.

“Saya sebagai warga sangat berterima kasih dengan pemerintah karena dengan adanya pemutihan sertifikat ini, kami semua digratiskan dalam pembuatannya,” ucapnya.

(Agustiandi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR