Himatika FMIPA Untan kembali Gelar KOMET ke 13 se Kalbar

Himatika FMIPA Untan kembali Gelar KOMET ke 13 se Kalbar

656
BERBAGI
Foto : Himatika FMIPA Untan kembali Gelar KOMET ke 13 se Kalbar/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa/i SMA/MA Kalimantan Barat di bidang Matematika, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura akan mengadakan kegiatan tahunan, yakni KOMET (Kompetisi Matematika) SMA/MA/SMK sederajat se-Kalimantan Barat yang ke-13 kalinya.

Dalam acara KOMET ini Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA Universitas Tanjungpura tidak hanya melaksanakan Kompetisi Matematika saja, tetapi juga akan melaksanakan Alat Peraga Matematika (GAMMA) tingkat SMA/MA/SMK se-derajat se-Kalimantan Barat, Mathematic On the Paper (MOP) tingkat SMA/MA/SMK se-derajarat se-Kalimantan Barat dan Mathematic On the Paper tingkat Perguruan Tinggi se-Kota Pontianak.

“Acara Kompetisi Matematika (KOMET) ke 13 akan dibuka dengan Seleksi Daerah di 14 kabupaten se-Kalimantan Barat. Seleksi daerah sendiri akan dilaksanakan serentak di 14 Kabupaten se-Kalimantan Barat pada tanggal 4 Februari 2017. Sepuluh besar terbaik dari tiap kabupaten akan mengikuti seleksi puncak di Pontianak pada bulan April 2017,” jelas Panitia Komet, Putri Aprilla.

Untuk KOMET ke 13 pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Desember 2016 –03 Februari 2017 melalui Penanggung Jawab (PJ) tiap kabupaten dan kota se-Kalimantan Barat, atau untuk daerah Kota Pontianak dan sekitarnya bisa langsung datang ke stand KOMET 13 yang bertempat di Hall Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura Pontianak.

Untuk Mathematic On the Paper (MOP) dilaksanakan dengan mencari 5 Karya Tulis Ilmiah terbaik dari tingkat SMA/MA/SMK dan 5 Karya Tulis Ilmiah terbaik dari tingkat Perguruan Tinggi. Sepuluh Karya Tulis Ilmiah terbaik itu akan di presentasikan pada saat Puncak Komet ke-13. Sedangkan untuk Alat Peraga Matematika (GAMMA) ini terdiri dari satu tim dimana setiap tim terdiri dari 2 orang.

Setiap tim yang telah mendaftar akan membuat sebuah alat peraga matematika yang kemudian dipresentasikan melalui video. Video tersebut kemudian dikirim beserta berkas-berkas lain yang telah ditentukan. Lima alat peraga terbaik akan kembali dipresentasikan pada saat Puncak Komet.

Pendaftaran MOP tingkat SMA/MA/SMK sederajat dan tingkat Perguruan Tinggi serta pendaftaran GAMMA dibuka dari 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017. Untuk panduan dan ketentuan dalam pendaftaran MOP dan GAMMA dapat di unduh di blog Himatika (www.Himatikarock.blogspot.com). Peserta juga dapat menghubungi Mursalin (085752279470) atau Nopiani (0895356210420) sebagai contact person.

Hadiah yang akan diperoleh oleh para pemenang adalah sertifikat penghargaan, tropi, dan juga uang tunai dengan total jutaan rupiah.

“Buat siswa/i SMA/MA se-Kalimantan Barat yang merasa tertantang dengan Matematika dan ingin memperoleh hadiah total jutaan rupiah silahkan daftarkan diri segera,” ujar Putri Aprilla.

(R/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR