Ratusan Mahasiswa Demo Usung Keranda Mayat

Ratusan Mahasiswa Demo Usung Keranda Mayat

253
BERBAGI
Foto : Demo mahasiswa di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat/rimanews.com

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Ratusan massa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (Bem SI) wilayah Jabodetabek Banten, berunjuk rasa dengan berorasi dan mengusung keranda mayat bertuliskan “Matinya Nurani Hati Pemerintah” di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/01/2017).

Sejumlah polisi pun tampak berjaga di sekitar lokasi dan tersebar di beberapa titik untuk mengawal aksi 121 “Aksi Bela Rakyat” dari berbagai mahasiswa dari berbagai kampus yang akan menuju Istana Negara.

Adapun kampus yang ikut serta dalam aksi tersebut adalah UNJ, PNJ, KM ITB, STIE SEBI, STMI, AKA Bogor, STT PLN, STT Nurul Fikri, YARSI, UI, BSI, TRILOGI IPB, POLMED.

Mereka menyerukan tiga tuntutan, di antaranya mencabut PP No. 60 tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak atau PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kedua, menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA.

Terakhir, kembalikan mekanisme penetapan harga BBM kepada Pemerintah dan menjamin terpenuhinya kebutuhan BBM bersubsidi di seluruh SPBU.

Selain di Jakarta, aksi 121 dilakukan 19 titik di seluruh Indonesia. Isinya memprotes kebijakan pemerintah Jokowi yang dinilai meresahkan rakyat. Mereka pun meminta presiden yang diusung PDIP tersebut mundur.

Menurut mahasiswa, aksi ini merupakan wujud keresahan terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi yang menaikkan harga berbagai barang dalam beberapa waktu terakhir. Mulai harga bahan bakar minyak (BBM), Tarif Dasar Listrik (TDL) hingga kenaikan tarif pengurusan surat kendaraan bermotor, seperti STNK dan BPKB.

(rimanews.com/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR