Polresta Pekanbaru Amankan Dua Pembakar Lahan

Polresta Pekanbaru Amankan Dua Pembakar Lahan

BERBAGI
Foto : Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan/reuters

Pekanbaru, thetanjungpuratimes.com – Kepolisian Resor Kota Pekanbaru mengamankan dua orang yang diduga membakar lahan di Jalan Beringin, Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki.

Keduanya masih diperiksa intensif atas dugaan membakar hingga menyebabkan satu hektare lahan hangus terbakar, kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Senin (16/1).

Guntur menguraikan kedua pria berinisial Zu (43) dan RF (32), warga Kampung Melayu, Sukajadi itu diduga menyebabkan satu hektare lahan di Jalan Beringin terbakar Minggu (15/1).

Peristiwa berawal saat sejumlah warga Kecamatan Payung Sekaki melihat kepulan asap membumbung ke udara.

Selanjutnya, perangkat kelurahan langsung mengumpulkan warga melalui pengeras suara masjid setempat. Warga secara bergotong royong langsung berusaha memadamkan kebakaran bersama-sama.

Saat upaya pemadaman berlangsung, warga melihat kedua pelaku di atas sedang membersihkan lahan di sisi lain areal terbakar.

Warga langsung mengamankannya dan menyerahkan keduanya ke polisi. Saat ini polisi masih terus mendalami keterangan pelaku dan melacak pemilik lahan tersebut.

Kota Pekanbaru selama 2016 lalu sempat menjadi salah satu wilayah penyumbang titik api di Riau. Padahal, kebakaran di ibu kota Provinsi Riau tersebut akan berdampak pada lumpuhnya ekonomi, terutama penerbangan.

Selain Pekanbaru, dalam sepekan terakhir, kebakaran terjadi di sejumlah daerah di Riau. Berdasarkan pengamatan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Pekanbaru, titik-titik panas mengindikasikan adanya kebakaran terpantau di Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Kampar, Pelalawan, Meranti dan Kuantan Singingi.

Pemerintah Provinsi Riau telah mengambil kebijakan untuk segera melakukan patroli terpadu guna mencegah adanya kebakaran. Upaya itu didukung langsung TNI, Polri, dan instansi terkait.

(Ant/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR