Seorang Pelajar Temukan Granat

Seorang Pelajar Temukan Granat

BERBAGI
Granat Meledak dalam Pelatihan Sekuriti, Empat Orang Tewas
Foto : Ilustrasi granat/ okezone.com

Sumbar, thetanjungpuratimes.com – Seorang pelajar di Nagari Kapa, Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Ferry Irawan (15), menemukan granat tangan jenis nanas di tanah perumahan milik Yusnaliati di Jorong Malasiro, Selasa (17/1).

Penemuan granat itu membuat warga sekitar terkejut karena takut granat tersebut meledak. Namun, warga dapat tenang setelah pihak kepolisian mengamankan granat tersebut.

“Benar, seorang warga menemukan granat tangan yang berukuran 10×15 centimeter. Granat tersebut saat ini sudah kita amankan,” kata Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, AKBP Djoko Ananto didampingi Kepala Satuan Intelkam AKP Muzhendra di Simpang Empat, Selasa (17/1).

Ia mengatakan granat itu ditemukan oleh Ferry Irawan, pada Selasa, sekitar pukul 09.00 WIB ketika sedang menggali tanah timbunan itu bersama pamannya, Agus Prihatin.

Saat menggali tanah itu, ia bersama pamannya terkejut melihat benda keras, seperti granat yang sudah berkarat didalam tanah.

Melihat benda itu, ia bersama pamannya langsung melaporkan penemuan hal itu kepada pihak kepolisian.

Tidak berselang lamanya, aparat kepolisian ke lokasi untuk mengamankan benda yang diduga granat itu.

Setelah diperiksa, ternyata memang benda itu granat yang diduga masih aktif.

“Kita langsung mengamankan lokasi itu dengan memasang ‘police line’. Selain itu juga berkoordinasi dengan Satuan Brimob Polda Sumbar,” katanya.

Ia menjelaskan dari pemeriksaan awal dan analisa, granat tersebut diduga peninggalan zaman perang PRRI karena di lokasi penemuan adalah bekas kantor PRRI.

“Diperkirakan granat tersebut sudah berusia puluhan tahun. Diperkirakan granat tersebut masih aktif karena masih ada sumbu atau pen peledaknya. Saat ini granat tersebut sudah diamankan,” katanya.

(Ant/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR