Calon Tunggal Pilkada Landak Menarik Perhatian Publik

Calon Tunggal Pilkada Landak Menarik Perhatian Publik

BERBAGI
Foto : Zainudin Kismit, Koordinator Wilayah Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Wilayah Kalimantan/Ist

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Koordinator Wilayah Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Wilayah Kalimantan, Zainudin Kismit, mengatakan, Pemilihan Kepala Daerah di Kalimatan Barat kali ini sangat menarik perhatian publik atau seluruh elemen, karena calon tunggal dalam Pilkada di Kabupaten Landak.

“Kita patut apresiasi terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) yang memberikan peluang untuk adanya calon tunggal pada pemilu, hal ini memberikan hak politik bagi rakyat untuk dipilih dan memilih pemimpin,” katanya Selasa (31/1).

Walaupun demikian, kata Zainudin Kismit, bahwa calon tunggal bukan berarti calon itu akan menjadi pemenang.

“Karena aturan Undang-undang Pemilu mengatur mengenai calon tunggal, yaitu calon harus memperoleh suara 50 persen + 1,” jelasnya.

Dengan adanya aturan seperti itu, maka akan menjadi pekerjaan berat untuk tim sukses (timses) dan partai pengusung untuk menang dari kotak kosong.

“Karena bagaimana timses dan partai harus membangun kepercayaan masyarakat dan meyakinkan agar masyarakat mau memilih ke TPS,” tuturnya.

Di sisi lain, hal itu juga menunjukan iklim politik yang kurang sehat, karena akan melumpuhkan demokrasi dan menutup hak politik calon yang ingin maju dengan mengambil semua partai sebagai syarat sah pencalonan di luar jalur independen.

Ia juga mengatakan, bahwa masyarakat sah-sah saja untuk memilih kotak kosong.

“Kita menganut demokrasi dan masalah pemilu merupakan masalah hati nurani setiap warga untuk menentukan pemimpin yang dianggapnya pantas,” ujarnya.

Mengenai kalahnya calon tunggal pada pemilu merupakan hasil dari demokrasi, akan tetapi dampaknya adalah jika calon tunggal tersebut kalah, maka daerah tidak akan mendapatkan pemimpin daerah definitif dan akan diangkat pelaksana tugas (Plt) hingga adanya pemilu selanjutnya.

(Maulidi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR