Ombudsman Kalbar Buka Gerai Pengaduan Masyarakat di Sambas

Ombudsman Kalbar Buka Gerai Pengaduan Masyarakat di Sambas

BERBAGI
Foto : Warga saat mendatangi gerai pengaduan masyarakat/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalbar, Agus Priyadi, mengatakan, sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan Ombudsman RI kepada masyarakat. Khususnya masyarakat kabupaten Sambas, Ombudsman RI membuka gerai pengaduan masyarakat. Terkait layanan publik yang didapatkan oleh masyarakat di kabupaten Sambas.

Agus mengemukakan, banyak masyarakat tidak mengetahui kemana harus mengadu, terhadap layanan publik yang didapatkan oleh masyarakat. Terutama terhadap pelayanan yang tidak memuaskan, sehingga dengan adanya gerai pengaduan masyarakat yang dibuka Ombudsman RI perwakilan Kalbar, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kabupaten Sambas.

“Gerai pengaduan masyarakat Ombudsman RI perwakilan Kalbar di kabupaten Sambas, dimulai 14 hingga 16 Maret mendatang. Bertempat di kantor Disdukcapil kabupaten Sambas di jalan Pembangunan kota Sambas, petugas Ombudsman perwakilan Kalbar standbuy disitu selama tiga hari,” ujar Agus Priyadi, Selasa (14/3).

Selain sebagai mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, gerai pengaduan masyarakat juga untuk mendekatkan masyarakat kepada komplen. Berkenaan dengan pelayanan publik yang telah diterima masyarakat.

“Itu satu upaya kita, untuk mendekatkan masyarakat kepada komplen, berkenaan dengan pelayanan publik yang mereka terima. Selama ini banyak masyarakat, yang tidak tahu kemana harus mengadu selain kepada dinas. Misalnya kalau dinas tidak melayani dengan cepat, kemana dia harus mengadu. Kalau mengadu juga kira-kira aman tidak posisinya, lantaran penuh dengan kekhawatiran ketakutan dan tidak tahu kemana harus mengadu,” terang Agus.

Melalui gerai pengaduan masyarakat, jelas Agus, upaya jemput bola terhadap pengaduan masyarakat.

“Jadi meja pengaduan ini kita dekatkan kepada masyarakat,” ucap Agus.

Dikatakannya, segala permasalahan pelayanan publik dapat dilaporkan kepada Ombudsman RI, melalui gerai pengaduan masyarakat.

“Semua yang berhubungan dengan pelayanan publik yang tidak memuaskan, silakan dilaporkan. Seperti pelayanan KTP, SIM, pertanahan serta yang lainya,” kata Agus.

Dihari pertama pelayanan gerai pengaduan masyarakat di Disdukcapil Sambas, terdapat 29 orang yang mengakses gerai tersebut.

Diungkapkan oleh Budi Rahman, staf Ombudsman yang bertugas di gerai pengaduan masyarakat tersebut. Dari jumlah pengakses tersebut, turut melakukan pengaduan melalui gerai yang digelar.

“Dari jumlah 29 pengakses gerai pengaduan masyarakat di kabupaten Sambas, sudah tiga pengaduan yang disampaikan oleh pengakses gerai pengaduan masyarakat, kita mempersilakan masyarakat menyampaikan pengaduan kepada kita selama berada di sini,” kata Budi.

(Gindra/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR