Indonesia Menuju Teknologi Industrial Internet

Indonesia Menuju Teknologi Industrial Internet

89
BERBAGI

Thetanjungpuratimes.com – CEO General Electric (GE) Indonesia Handry Satriago mengatakan Indonesia yang telah menjadi negara berpengaruh di Asia Tenggara segera bertolak menuju era baru teknologi industrial digital.

“Teknologi industrial digital akan menyediakan lebih banyak kesempatan bagi warga Indonesia yang populasinya kian tumbuh pesat, sekaligus membantu Indonesia sukses menghadapi perekonomian global yang semakin kompetitif,” kata Handry Satriago dalam sebuah Forum Industrial Digital, di kawasan Senayan Jakarta, hari ini.

Menurutnya, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia harus meningkatkan efisiensi, mempercepat pertumbuhan produktifitas, dan diversifikasi ekonomi. Dimana hasil terbaik yang dapat dicapai, akan terealisasi dengan memanfaatkan inovasi digital yang mulai mengubah industri, yaitu industri internet.

“Industrial internet mulai mengubah industri di seluruh dunia, mulai dari sektor pembangkit dan distribusi listrik, kesehatan, transportasi, hingga manufaktur. Industrial internet memadukan analisis big data dan cloud dengan mesin-mesin industri, sehingga menghasilkan efisiensi yang lebih baik serta peningkatan kerja operasional,” sambung Handry.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki kesempatan yang luar biasa besar untuk mempercepat adopsi teknologi baru tersebut sembari mewujudkan investasinya di berbagai sektor infrastruktur penting, meliputi sektor pembangkit dan distribusi listrik, transportasi, kesehatan, dan pertanian, dimana proyek-proyek baru dan penting sedang berjalan.

Menurut Hendry, General Electric (GE) siap menindaklanjuti setiap temuan baru menjadi mesin pendorong inovasi dan aplikasi di seluruh sektor Industrial. Melalui sumber daya manusia, layanan, teknologi, dan jaringannya, GE akan menyajikan hasil yang lebih baik bagi pelanggan karena sangat paham akan kebutuhan industri pelanggannya​.

Sebagai langkah awal untuk membawa Industrial internet ke Indonesia, GE melakukan penandatanganan beberapa nota kesepahaman dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia terkait pengembangan ekosistem Industrial Internet OF Things (IIOT) di Indonesia, dengan perusahaan start-up Indonesia, Dattabot, untuk mencari peluang-peluang baru kemitraan dan pemasaran solusi-solusi GE digital, serta dengan Infrastruktur Cerdas Indonesia (ICI) untuk memanfaatkan Predix sebagai platform bagi smart grid.

(Rimanews.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR