Alumni Untan Terpilih sebagai Kepala BPH Migas Periode 2017-2022

Alumni Untan Terpilih sebagai Kepala BPH Migas Periode 2017-2022

BERBAGI
Foto: Fanshurullah Asa kepala BPH Migas priode 2017-2022

Jakarta, thetanjungpuratimes.com РSalah satu Alumni dari Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Fanshurullah Asa terpiih menjadi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) periode 2017-2022 melalui musyawarah di Komisi VII DPR RI pada Kamis (13/4) malam.

Proses pemilihan Kepala BPH Migas berlangsung sejak Senin (10/4) lalu. Panitia Seleksi (pansel) yang dipimpin Sekjen Kementerian ESDM Teguh Pamudji menyerahkan 22 nama calon kepada DPR.

“Dari 22 nama itu, Andy Sommeng mengundurkan diri karena akan ada penempatan lain di Kementerian ESDM. Laksamana (Purn) Marsetio tetap ikut fit and proper test, tapi beliau juga mendapat penugasan lain untuk memimpin International Maritime Organization (IMO). Sehingga praktis tinggal 20 nama,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR, Satya Widya Yudha, Sabtu (15/4).

Menurutnya, dari hasil voting semua fraksi fraksi sepakat secara aklamasi memilih Fanshurullah Asa untuk menjadi kepala BPH Migas.

Dengan demikian, alumni Untan pemegang gelar Doktor dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) secara sah menjadi Kepala BPH Migas. Delapan nama lain sah terpilih sebagai Anggota Komite BPH Migas periode 2017-2022.

Pria kelahiran Palembang 48 tahun silam ini pernah menjadi Peserta Terbaik I (Medali Seroja) dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan 44 (PPRA XLIV) tahun 2010.

Selama 16 tahun, Ifan bekarir sebagai Project Management Expert pada proyek-proyek EPC (Engineering Procurement and Construction), juga BOT (Built Operational and Transfer) pembangunan fasilitas produksi, serta pipanisasi gas transmisi dan distribusi di berbagai lokasi di Indonesia.

Sebelum menjadi Kepala BPH Migas, Ifan sudah pernah menjadi Anggota Komite BPH Migas periode 2012-2017. Ia juga pernah menjadi Wakil Sekretaris Komite Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (KP3EI) di 2012-2014, Tenaga Ahli Profesional bidang Iptek di Lemhanas RI.

Kursi Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) pun pernah diduduki Ifan pada 2004-2009.

Iman Adhita Virya yang merupakan rekan Fanshurullah Asa di Fakultas Teknik Untan mengaku bangga dengan posisi salah satu alumni Untan yang telah terpilih sebagai kepala BPH Migas.

Sebagai informasi, BPH Migas adalah badan yang dibentuk untuk melakukan pengaturan pengawasan terhadap penyediaan dan pendistribusian BBM dan gas bumi, serta pengangkutan gas bumi melalui pipa pada kegiatan usaha hilir. BPH Migas bertanggung jawab kepada Presiden.

(Detikfinansial.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR