Awas! Email Jebakan Berkedok Google Docs

Awas! Email Jebakan Berkedok Google Docs

BERBAGI
Foto : Pesan aneh berkedok Google Docs (Foto: Shutterstock)

Thetanjungpuratimes.com – Beberapa pengguna internet dari seluruh dunia melaporkan, layanan Gmail mereka mendapat pesan aneh. Pesan tersebut diduga merupakan jebakan yang disebar para hacker.

Kasus ini pertama kali terungkap oleh seorang pengguna yang menceritakannya di forum Reddit. Dia menceritakan, dirinya mendapat email berisi undangan untuk menggunakan Google Docs.

Ketika diklik, tautan tersebut akan memberikan akses palsu ke Google Docs. Padahal, tautan tersebut merupakan program yang akan mengirimkan email Spam ke seluruh daftar kontak Anda.

Kasus ini ternyata juga dilaporkan beberapa pengguna dari seluruh dunia. Bahkan, kasus ini sempat menjadi topik terhangat di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan ke Fortune, Google mengungkapkan, mereka telah menyadari kasus ini, dan telah melakukan langkah pencegahan.

“Kami telah mengambil tindakan untuk melindungi pengguna dari email yang meniru identitas Google Documents, dan telah menonaktifkan akun yang menyinggung. Kami telah menghapus laman palsu, mendorong pembaruan melalui penjelajahan aman. Tim kami berupaya mencegah agar tidak terjadi lagi. Kami mendorong pengguna untuk melaporkan email phishing di Gmail,” bunyi pernyataan resmi Google.

(Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR