Berantas Pungli Tak Lepas dari Peran Serta Masyarakat

Berantas Pungli Tak Lepas dari Peran Serta Masyarakat

76
BERBAGI
Ketua DPRD Pontianak Kalbar
Foto : Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin/Dok

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, mengatakan untuk mencegah dan memberantas Pungutan Liar (Pungli) tak terlepas dari peran serta masyarakat.

Menurutnya, selain petugas yang memang tupoksinya dalam membernatas budaya buruk tersebut, masyarakat mempunyai peran lebih penting dalam menangkal Pungli. Jangan memberi celah dilakukannya Pungli oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Mari kita semua mengambil peran dalam memberantas Pungli, karena dalam hal ini peran masyarakat juga sangat diperlukan,” kata Satarudin, Rabu (24/5).

Terkait dengan upaya sosialisasi pemkot mengenai hal ini, politis PDI Perjuangan ini mengapresiasi langkah yang terus dilakukan pemerintah.

“Tapi Pungli ini tidak hanya dilakukan oleh PNS namun masyarakat juga bisa terlibat dalam kasus ini, maka dari itu saya minta masyarakat proaktif menyampaikan informasi jika ada indikasi Pungli terutama dalam mendapat pelayanan publik,” paparnya.

“Pungli ini kan bisa saja berawal dari masyarakat yang tidak mau mengurusi urusan sesuai prosedur, tapi ia menyuruh orang lain agar urusannya lancar,” sambungnya.

Sekali lagi, Satarudin meminta masyarakat dalam mengurus sesuatu tidak dengan jalan pintas yang memancing tindakan pungli.

(Agustiandi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR