Antisipasi Gangguan Jaringan Listrik, Warga Pangkas Pohon

Antisipasi Gangguan Jaringan Listrik, Warga Pangkas Pohon

67
BERBAGI
Foto: Warga bersama Karang Taruna di Desa Manis Raya saat melakukan pemangkasan pohon/Lingga

Sintang, thetanjungpuratimes.com – puluhan warga Desa Manis Raya kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang yang tergabung dalam Karang taruna “Sebade Maya” bekerja sama dengan petugas PLN Sepauk Rayon Sintang melakukan pemangkasan pohon di sekitar jaringan listrik.

Pemangkasan pohon disekitar jaringan listrik tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi gangguan listrik yang masuk ke desa Manis Raya selama bulan suci Ramadan berlangsung.

“Pemangkasan pohon ini kita lakukan dari kesadaran kita sebagai warga Desa Manis Raya, sekaligus untuk mensukseskan bulan Bakti Gotong Royong di Kabupaten Sintang,“ ungkap Koordinator Karang taruna Sebade Maya, Umar Satria Diana kepada media ini saat berada dilapangan, Senin (29/5).

Umar juga mengatakan, pemangkasan tersebut dilakukan mengingat selama ini sering terjadi pemadaman listrik di desa Manis Raya karena disebabkan banyaknya pohon yang melintang di sepanjang jaringan listrik PLN yang ada.

“Harapan kita, dengan aksi nyata kita lakukan saat ini bisa memberikan rasa nyaman kepada masyarakat desa Manis Raya, terutama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan,“ ungkap Umar.

Hingga saat ini, kata Umar pemangkasan pohon tersebut sudah berhasil membersihkan, dan mengamankan jaringan listrik dari pohon pohon yang membahayakan dengan jarak 2 kilometer.

“Sampai saat ini kita bersama-sama dengan warga sudah membersikan kurang lebih dua kilometer,” pungkasnya.

Terpisah, Manager PLN Rayon Sintang Pamuji Irawan mengapresiasi dengan langkah nyata yang dilakukan oleh masyarakat Desa Manis Raya yang tergabung dalam Karang Taruna Sebade Maya.

“Kita patut berikan apresiasi atas aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dalam dalam menjaga, dan memelihara agar agar listrik tetap nyala, dan tidak terhalang lagi oleh pohon-pohon yang berada disekitarnya,“ ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya pemangkasan tersebut menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap gangguan listrik yang disebabkan oleh tanam tumbuh milik warga sudah tinggi.

“Harapan kita, aksi nyata yang dilakukan oleh teman-teman dari Karang Taruna desa Manis Raya tersebut bisa dijadikan desa lainnya untuk melaksanakan hal serupa,“ harap Pamuji.

(Lingga/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR