Belanjakan Uang Palsu, Pemilik Rumah Makan Diamankan Satpam Pasar Mawar

Belanjakan Uang Palsu, Pemilik Rumah Makan Diamankan Satpam Pasar Mawar

BERBAGI
Foto: Pelaku pemilik uang palsu saat berada di Mapolresta Pontianak/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Satuan Pengaman di Pasar Mawar berhasil mengamankan seorang wanita AM (43) yang berbelanja dengan menggunakan uang palsu pecahan Rp50 ribu pada Kamis (1/6) pagi.

Saat dimintai konformasi, Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Sugeng Hadi Sutrisno membenarkan terkait penangkapan pengguna uang palsu tersebut.

“Iya benar penangkapannya tadi pagi, di Pasar Mawar sekitar pukul 07.30 WIB,” kata AKBP Sugeng kepada thetanjungpuratimes.com, Kamis (1/6) siang.

Ia memaparkan, pelaku yang merupakan pemilik rumah makan berinisial AM (43) warga Jalan Tanjung Raya II Kecamatan Pontianak Timur. Terbongkarnya uang palsu tersebut berawal dari pelaku membeli cabe hijau dengan uang pecahan Rp50 ribu di pasar tradisional tersebut.

“Kemudian pedagang cabe hijau mengetahui bahwa uang yang dibelanjakan adalah uang palsu pecahan Rp50 ribu. Selanjutnya pedagang melaporkan ke Sarman yang merupakan Satpam Pasar Mawar,” paparnya.

Atas laporan dari pedagang tersebut, Satpam lantas melakukan penggeledahan terhadap AM, dari penggeledahan yang dilakukan Satpam, ditemukan pecahan uang palsu pecahan Rp50 ribu berjumlah Rp1,4 juta.

“Kemudian Satpam tersebut membawa AM tersebut ke Polresta Pontianak guna penyidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Personel Jatanras Polresta Pontianak lantas melakukan introgasi terhadap pelaku, dari hasil introgasi, pelaku mengakui telah memiliki sejumlah uang palsu itu dari rumah makan miliknya.

(Agustiandi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR