Banjir di Kayong Utara Nyaris Merata di Setiap Kecamatan

Banjir di Kayong Utara Nyaris Merata di Setiap Kecamatan

BERBAGI
Foto: Warga Desa Sedahan Jaya yang terpaksa diungsikan ke gedung desa/Rizal

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Hujan seharian yang melanda Kabupaten Kayong Utara mengakibatkan datangnya banjir yang nyaris merata di setiap kecamatan.

Salah satu daerah yang cukup parah banjirnya adalah Dusun Sidorejo, Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana yang dihuni oleh warga transmigrasi ini terpaksa harus diungsikan ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari musibah banjir.

Kepala Desa Sedahan Jaya, Nazanadira mengakui untuk tahun ini Dusun Sidorejo mengalami banjir yang cukup besar, sehingga lebih dari 130 Kepala Keluarga yang mendiami Dusun Sidorejo dengan jumlah jiwanya sekitar 600 jiwa merasakan musibah banjir tersebut.

“Saat ini para orang tua dan anak-anak kami ungsikan ke gedung desa untuk diamankan. Kita upayakan agar mereka lebih mendapatkan​ tempat yang bisa tenang,” terangnya.

Ditambahkannya​, Dusun Sidorejo memang bisa dikatakan sebagai langganan banjir disetiap musim penghujan. Namun banjir kali ini cukup luas, dan biasanya kondisi banjir ini akan bertahan hingga kurang lebih satu minggu.

“Jangan saja turun hujan lagi, kalau hanya hujan sekali, atau satu malaman, itu paling-paling bisa semingguan baru surut,” sebut Kades disela-sela membantu evakuasi warga yang didampingi Kepala Dusun Sidorejo.

Dirinya juga menyampaikan, dari mulai evakuasi sampai usai, belum ada bantuan dari pemerintah daerah. Pemerintah Desa berupaya semaksimal mungkin mengerahkan bantuan yang selanutnya akan meminta bantuan kepada pemerintah daerah.

“Untuk saat ini yang perlu segera diberikan bantuan adalah berupa bahan pangan, karena ini yang sangat diutamakan. Selanjutnya bahan pakaian yang layak untuk masyarakat,” terangnya.

(Rizal/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR