Ratusan Buku di Perpustakaan Kayong Utara Dijemur Usai Terendam Banjir

Ratusan Buku di Perpustakaan Kayong Utara Dijemur Usai Terendam Banjir

86
BERBAGI
Foto: Ratusanbuku yang terpaksa dijemur usai terendam banjir/Rizal

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Ratusan buku di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Kayong Utara terpaksa mesti dijemur, karena terendam banjir yang melanda Kabupaten Kayong Utara pada Jumat lalu.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Kayong Utara, Tuti Susanti, mengatakan bahwa buku yang terendam banjir tersebut berada di bagian bawah rak, dan juga dalam kardus. Khusus yang di dalam kardus, lanjutnya sebenarnya merupakan buku yang akan diklasifikasikan.

“Banjir yang masuk ke ruangan perpustakaan, hampir di atas lutut orang dewasa, yang mengakibatkan buku di rak bawah basah semuanya. Ada juga buku-buku yang di dalam kardus yang akan diberikan nomor sesuai dengan klasifikasinya​,” ucapnya.

Ditambahkannya, jenis-jenis buku yang terendam banjir tersebut diantaranya mengenai filsafat, umum hingga matematika, juga keagamaan. Jadi hampir 20 persen dari kurang lebih 3000 buku yang ada terendam banjir.

Selain itu, sambung Tuti, perangkat komputer juga menjadi korban dari banjir. Sedangkan Arsip-arsip daerah yang disimpan di dalam lemari besi, tidak terendam banjir. Hanya beberapa arsip yang sebenarnya akan dimusnahkan ikut terendam.

“Karena arsipnya tersimpan di dalam lemari besi, sehingga air tidak sampai masuk ke dalam. Jadi, Alhamdulillah arsip-arsip aman,” terangnya.

Dirinya juga menerangkan, segala aset-aset Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah yang terendam banjir, selanjutnya akan dibuatkan Berita Acara dan dibuatkan dokumentasinya. Hal ini tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Adanya musibah bencana alam, seperti banjir, tentulah berdampak terhadap aset yang dimiliki, makanya tetap akan dibuatkan Berita Acara dan Dokumentasinya,” sebutnya.

Dirinya berharap kedepannya, agar segala aset yang ada di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Kayong Utara bisa aman dari segala bencana, bisa diadakan pengadaan barang berupa lemari yang anti air, api dan lain sebagainya. Namun untuk sementara ini tetap menggunakan rak yang ada, tetapi dengan tidak menempatkan buku-buku pada bagian bawah.

(Rizal/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR