Sekolah di Landak Isi Kegiatan Ramadan

Sekolah di Landak Isi Kegiatan Ramadan

66
BERBAGI
Foto: Muhdi, guru agama Islam di SMA 1 Landak/N

Landak, thetanjungpuratimes.com -Sejumlah sekolah di Kabupaten Landak, khususnya di Kota Ngabang mulai melaksanakan kegiatan religius dalam rangka bulan Ramadan tahun 1438 H/2017 M.

Seperti di SMA Negeri 1 Ngabang yang akan melaksanakan sejumlah kegiatan di bulan Ramadhan ini.

Menurut guru agama Islam SMAN 1 Ngabang, Muhdi mengatakan, kegiatan Ramadan yang diikuti para pelajar Islam di SMAN 1 Ngabang merupakan agenda tahunan dari sekolah.

“Untuk tahun ini kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 9 hingga 11 Juni ini atau setelah pelajar mengikuti ulangan umum,” ujar Muhdi, Rabu (7/6).

Dijelaskannya, kegiatan yang akan digelar yakni, sholat Ashar berjamaah, Tadarus Al Quran, pendalaman materi agama Islam, tauziah, buka puasa bersama dan sholat Maghrib berjamaah.

“Untuk Tadarusan Al Quran kita berharap para pelajar yang mengikutinya bisa mengkhatamkan 30 Juz. Kemudian, kegiatan pendalaman materi agama Islam meliputi sholat, zakat, puasa dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ibadah,” terangnya.

Ditambahkan Muhdi, dihari terakhir kegiatan Ramadhan di SMAN 1 Ngabang akan digelar buka puasa bersama antara peserta didik dan dewan guru yang beragama Islam. Malamnya, akan dilanjutkan dengan acara makan bersama.

“Makan bersama ini akan dihadiri semua guru muslim maupun non muslim di SMAN 1 Ngabang,” katanya.

Tujuan dari kegiatan Ramadan tersebut tambahnya, yakni untuk menggalang silaturahmi dan kesatuan antar keluarga besar SMAN 1 Ngabang selama bulan Ramadan ini.

“Saya berharap ibadah yang dilaksanakan para pelajar selama bulan Ramadan tersebut bisa mendapatkan suatu keberkahan,” katanya.

Diharapkannya juga para peserta didik bisa memperbanyak amal, dan doa selama bulan suci Ramadan ini serta perbanyak melakukan ibadah lainnya.

Para pelajar yang beragama Islam di SMAN 1 Ngabang, jelasnya bisa mengikuti kegiatan Ramadan tersebut sampai selesai.

“Apalagi kita akan terus menjalankan absen bagi para pelajar. Kalau ada pelajar yang tidak hadir dalam kegiatan itu, tentu akan ada pemanggilan. Sanksinya akan berkaitan dengan nilai di raport. Bagi yang tidak mengikuti akan ada pengurangan nilai diraport. Bagi yang mengikuti tentu ada penambahan nilai di raport,” katanya.

Kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut juga dilakukan pelajar setingkat Taman Kanak-kanak (TK). Salah satunya Raudlatul Athfal (RA) Nurul Islam Ngabang.

Menurut Kepala RA Nurul Islam Ngabang, Umi Helly Mustholihah mengatakan, di bulan Ramadhan ini akan dilaksanakan kegiatan pesantren kilat di RA Nurul Islam Ngabang.

“Kegiatan tersebut akan kita mulai pada 9 Juni mendatang di RA Nurul Islam. Nantinya para pelajar RA akan menginap semalam di sekolah bersama para guru, tanpa ditemani orangtua. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian anak-anak dan melaksanakan ibadah bersama,” ungkapnya.

Helly menambahkan, dalam pesantren kilat tersebut akan dilaksanakan berbagai kegiatan yakni, pengajian, sholat berjamaah, pemutaran film Islami, buka puasa bersama dan sholat Tarawih berjamaah.

“Kegiatan inipun setiap tahunnya akan kita laksanakan di bulan Ramadhan,” ucapnya.

(NY/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR