Benarkah Operasi Amandel Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh?

Benarkah Operasi Amandel Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh?

BERBAGI
Foto : Ilustrasi dokter memeriksa kesehatan mulut pasien. [shutterstock]

Thetanjungpuratimes.com – Radang tenggorok disertai amandel yang membengkak kerap bikin tubuh tak bergairah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan operasi amandel.

Namun, masih ada sebagian yang ragu melakukan operasi amandel karena diyakini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Lantas benarkah anggapan ini?

Disampaikan dr Syahrial M Hutauruk SpTHT-KL selaku Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, operasi amandel memang dapat mempengaruhi imunitas tubuh namun jika dilakukan pada usia 3-7 tahun. Namun pada orang dewasa, hal ini tidak berlaku.

“Kalau dibuangnya saat dewasa itu nggak ada efek samping terkait imunitas. Kalau untuk anak-anak sampai usia 7 tahun memang ada. Tapi setelahnya hampir tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak,” ujar dia pada temu media Kamis (8/6/2017).

Efek samping usai melakukan operasi amandel pun, tambah dia, hampir tidak ada jika melakukannya pada saat yang tepat. Bahkan menurut dia, akan lebih baik jika amandel segera diangkat karena dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

“Kalau indikasinya terjadi berulang, tiga kali dalam setahun itu memang harus segera dioperasi. Kalau tidak bisa memicu gangguan napas dan gangguan makan, terutama pada anak,” pungkas dia.

(Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR