Peringati Nuzulul Qur’an, Untan Gelar Tabligh Akbar Bersama Syekh Ali Jaber

Peringati Nuzulul Qur’an, Untan Gelar Tabligh Akbar Bersama Syekh Ali Jaber

88
BERBAGI
Foto: Suasana Tabligh Akbar bersama Syekh Ali Jaber di Masjid Al Muhtadin Untan/ Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.comUniversitas Tanjungpura Pontianak menggelar Tabligh Akbar bersama Syekh Ali Jaber dan buka bersama anak yatim. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Civitas Akademika Untan yang berlangsung masjid Al-Muhtadin Untan pada Minggu (11/6) siang.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh jamaah masjid dan masyarakat sekitar itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an, yakni malam turunnya Alquran pertama kali dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril yang jatuh pada 17 Ramadhan 1438 H.

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr Thamrin Usman DEA, yang membuka kegiatan tersebut mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar seluruh jamaah yang hadir dapat mengambil hikmah dari peringatan moment turunnya Alquran ke dunia, sehingga momentum yang indah itu tak hanya sekedar menjadi acara seremonial belaka.

“Tentu saja yang menjadi harapan adalah kita makin dekat dengan Alquran, sehingga tidak hanya sekedar dibaca, tapi juga diamalkan dan dipraktikkan. Karena Allah berfirman bahwa Alquran itu merupakan petunjuk dalam kehidupan bukan hanya bagi umat Islam, tapi seluruh umat manusia,” pesannya.

Selain tabligh akbar mengenai Nuzulul Quran, dalam acara tersebut Untan juga turut mengundang anak yatim dari pondok Muttasimbillah untuk ifthar bersama dengah jamaah yang hadir.

“Bulan Ramadan ini adalah bulan empati, bulan dimana hati kita disentuh, juga bulan dimana kita saling berbagi dan mencintai. Oleh sebab itu setelah Ramadan ini berlalu diharapkan bulan berikutnya akan turut membawa makna maupun suasana seperti Ramadan, sehingga sepanjang tahun kita akan saling berbagi dan mencintai sesama umat untuk mewujudkan Islam yang Rahmatan lil Alamin,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini akan semakin membuat umat Islam, terutama para generasi muda yang menjadi tumpuan harapan Islam dimasa yang akan datang menjadi bersemangat membuka, dan mempelajari Alquran sehingga dapat semakin mempererat ukhuwah Islamiyah.

Hal ini sangat penting diterapkan mengingat dalam tausyiah yang diberikan oleh Syekh Ali Jaber yang menyinggung para generasi muda yang semakin dijauhkan dengan Alquran melalui banyak media dan hal-hal yang menyenangkan.

Foto : Suasana buka bersama anak yatim dan jamaah yang hadir dalam Tabligh Akbar bersama Syekh Ali Jaber di Masjid Al Muhtadin Untan/ Imam

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR