Pemberian Izin Usaha di Kapuas Hulu Meningkat

Pemberian Izin Usaha di Kapuas Hulu Meningkat

BERBAGI
Foto: Plt. Kepala Dinas PMPTSP Kapuas Hulu, Robertus Jantan Gampa/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com.com – Pemberian izin dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kepada pelaku usaha tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini dilihat dari tabel pengeluaran izin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kapuas Hulu, periode Januari hingga Mei.

“Kalau Januari hingga Mei tahun 2016 ada 757 izin yang dikeluarkan. Sedangkan untuk Januari-Mei 2017 ini, ada 1262 izin yang dikeluarkan,” kata Plt. Kepala Dinas PMPTSP Kapuas Hulu, Robertus Jantan Gampa, Senin (12/6).

Dari produk izin usaha yang meningkat, Jantan menilai, masyarakat Kapuas Hulu sudah mulai mengerti ini bahwa proses izin usaha itu gratis dan tidak sulit mengurusnya, sepanjang syarat sudah terpenuhi.

“Saya ingatkan lagi jangan melalui perantara yang tidak bertanggungjawab, izin itu tidak bayar, jadi urus saja sendiri langsung ke dinas kami,” ungkap Jantan.

Jantan pun menegaskan, sepajang tahun 2017 pihaknya melakukan pelayanan secara terpadu. Tidak hanya di ibu kota kabupaten, tapi hingga ke kecamatan-kecamatan.

“Pelayanan perizinan petugas kami juga sampai ke lapangan, walau dana kami cukup terbatas,” paparnya.

Meskipun jumlah izin meningkat dari tahun lalu, Jantan mengaku capaian itu belum maksimal. Sebab pihaknya belum bisa melakukan pelayanan izin ke semua kecamatan.

“Belum semua kami bisa datangi, namun bagi masyarakat yang mau bikin izin jangan segan-segan ke kantor kami,” tuturnya.

Terkait proses terbitnya izin usaha, kata Jantan itu akan cepat apabila seluruh pejabat lengkap di dinas. Apabila semua pejabat berwenang ada di dinas, dalam 3 selesai prosesnya.

“Kecuali pejabat bersangkutan ada kegiatan dinas keluar atau berobat ke daerah lain,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR