63 Napi Rutan Klas IIB Putussibau Bakal dapat Remisi

63 Napi Rutan Klas IIB Putussibau Bakal dapat Remisi

BERBAGI
Foto: Rutan Klas IIB Puussibau
Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Seperti pada umunya, setiap hari besar keagamaan ada warga binaan yang diusulkan untuk mendapat remisi. Sehubungan dengan hari raya Idul Fitri 1438 Hijiriah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Putussibau akan memberikan remisi kepada narapida khusus bagi yang muslim sebanyak 63 orang, dengan lama remisi dari 15 hari hingga 2 bulan.

Kepala Rutan Klas IIB Putussibau, Mulyoko menyatakan saat ini proses memberikan remisi sedikit beda dari sebelumnya. Dimana bagi narapidana yang sudah pernah mendapatkan remisi, tidak perlu lagi mengirim administrasi ke kanwil, cukup melaporkan SK remisi yang sudah dibuat sebelumnya.

“Kecuali bagi narapidana yang belum pernah mendapatkan remisi sebelumnya, berkas mereka harus dikirim ke kanwil. Jadi saat ini, sistem database sudah lancar, sehingga tidak boleh dibohongi lagi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (13).

Mulyoko menjelaskan, jumlah narapidana yang muslim di rutan sebanyak 105 orang, sedangkan yang bisa memenuhi remisi ada 63 orang. Ada 30 orang narapidana berkasnya harus dikirim ke Kakanwil.

“Jadi sisanya hanya laporan SK remisi sebelumnya ke kanwil. Mereka yang pernah mendapatkan remisi tidak perlu kirim berkasnya ke kanwil,” ucapnya.

Sedangkan jumlah hunian Rutan Klas IIB Putussibau data bulan Juni 2017 sebanyak 143 orang, terdiri 81 laki-laki dan 8 perempuan jadi berjumlah 89 orang.

“Kalau jumlah tahanan sebanyak 54 orang, terdiri 52 laki-laki dan 2 perempuan. Jadi hunian kita di rutan untuk laki-laki 133 orang, dan wanita 10 orang,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR