Besok, Komunitas Pekerja Seni Rupa Kalbar Menggelar Pameran

Besok, Komunitas Pekerja Seni Rupa Kalbar Menggelar Pameran

72
BERBAGI
Foto : Suasana jumpa pers penyelenggara kegiatan pameran seni rupa/ Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komunitas Pekerja Seni Rupa (Perupa) seluruh Kalimantan akan mengadakan pameran seni rupa bersama yang di fasilitasi oleh Taman Budaya Kalimantan Barat serta Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia di Museum Negeri Pontianak pada Rabu (14/6) besok bertajuk Rasa Borneo Warna.

Adapun peserta yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah 17 orang dengan rincian Kalimantan Timur 1 orang, Kalimantan Selatan 2 orang, Kalimantan Tengah 1 orang, Sarawak Malaysia 3 orang, dan Kalimantan Barat sebagai tuan rumah 10 orang.

Kurator Pameran, E Yohanes P menjelaskan pameran tersebut akan meliputi semua jenis seni rupa baik itu seni terapan maupun seni murni dan visual art.

“Kita ambil dari seni murni dengan beberapa gaya, kemudian seni terapan seperi patung dan juga lebih ke arah seni keramik, serta dua dari fotografi,” tutur Yohanes.

Selain pameran seni rupa, kegiatan esok hari juga meliputi workshop seni rupa dengan mengangkat kearifan lokal Kalimantan Barat berupa anyaman dari keladi air, serta lomba-lomba tingkat pelajar SD, SMP, dan SMA untuk lebih memeriahkan acara.

Ketua Taman Budaya, Sabar H Duha menjelaskan pengambilan kearifan lokal ini bertujuan mengangkat nilai budaya Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat agar bisa sejajar dengan kebudayaan daerah lain.

“Kalau kita bandingkan dengan katakanlah Bali dan Jogja memang kita sangat jauh. Tapi dengan usaha yang kita lakukan pada saat ini semoga bisa mengangkat nilai kebudayaan kita nantinya,” ujar Sabar.

Sementara dari pelaku seni rupa Pontianak, Jayus Agustono sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Ini merupakan salah satu kesempatan kami, para pelaku seni rupa di Kota Pontianak untuk menampilkan hasil karya yang telah kami kerjakan kepada masyarakat,” kata Jayus.

Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat sering diadakan di Kota Pontianak agar kesenian lokal Kalimantan Barat menjadi maju.

Rencananya rangakaian kegiatan seni rupa ini akan dibuka esok hari pukul 16.00 WIB dan diadakan selama 4 hari dari tanggal 14 hingga 17 Juni 2017.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY