Bulog dan TNI Adakan Pos Sergab Guna Dukung Program Presiden

Bulog dan TNI Adakan Pos Sergab Guna Dukung Program Presiden

70
BERBAGI
Foto : Ketua Tim Posko Sergab (Pos Komando Serap Gabah), Brigjend Nanang Heryanto/Ras

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Ketua Tim Posko Sergab (Pos Komando Serap Gabah), Brigjend Nanang Heryanto, mengatakan, dalam menjalankan program tersebut, pihak Kodim telah berkoordinasi kepada pihak Bolog untuk mendirikan Posko Sergab di wilayah masing-masing.

Tujuannya agar masyarakat mau menjual hasil panennya ke pihak Bulog serta memberikan pengertian ke masyarakat soal program pemerintah khususnya tentang Ketahanan Pangan.

Brigjend Nanang Heryanto mengatakan, kehadiran pihaknya dalam rangka melakukan evaluasi Sergap yang telah dibebankan pimpinan TNI AD kepada Kodam Tanjungpura. Selanjutnya diturunkan menjadi sasaran Kodim-Kodim untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

“Dengan adanya program ini, diharapkan Kalbar memiliki ketahanan pangan. Terlebih lagi bisa surplus,” kata Brigjend Nanang kepada awak media di Ketapang, Selasa (13/6).

Dalam mensukseskan ketahanan pangan sendiri, khususnya di Ketapang, menurutnya, beranjak dari populasi Ketapang. Dimana hal demikian ada hitungannya dari jumlah kependudukan. Sehingga berapa pangan yang harus disiapkan oleh Bulog. Perkiraan per kepala sebanyak empat ons setiap hari yang harus distok.

Lebih lanjut dipaparkannya, untuk mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan, TNI dalam hal ini menyediakan tenaga. Sementara dari Dinas Pertanian menyiapkan perangkat dan anggarannya.

“Jadi Kita kerja berapa saja luasnya digarap dengan Dinas Pertanian. Karena yang tahu persis adalah mereka . TNI hanya punya otot,” ujarnya.

Kendati demikian, selain menyiapkan tenaga, ia menyarankan pemda harus menyiapkannya. kemudian menghitung persis dari satatistik berapa jumlah populasi. Itu disiapkan berapa ton, serta dilihat berapa luas lahan tersedia untuk ditanam.

“Itu instansi terkait yang bisa menjawab. TNI hanya menyiapkan tenaga. Kita siap saja selama untuk negara dan mensukseskan program pemerintah yang saat ini Nawa Cita Presiden. Tentara bisa apa saja. Terutama membantu masyarakat dimasa damai secara full,” katanya.

Ditambahkannya juga oleh Kasi Pelayanan Paik Jaro Matul, dalam persedian stok beras di Kabupaten Ketapang masih aman, baik itu beras jenis premium dan jenis beras yang lainnya.

Ia menerangkan bahwa untuk tiga bulan kedepanya beras yang disediakan ada sekitar 2000 ton lebih, untuk menyikapi kenaikan harga yang kemungkinan akan terjadi, namun dari pihak Bulog akan lakukan operasi pasar.

(Ras/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY