Ini Ucapan Selamat dan Pesan Rektor Untan kepada Mahasiswa Baru

Ini Ucapan Selamat dan Pesan Rektor Untan kepada Mahasiswa Baru

Selamat kepada Mahasiswa yang Lulus SBMPTN 2017

133
BERBAGI
Foto: Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA/thetanjungpuratimes.com

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pengumuman penerimaan Mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN di seluruh Indonesia sudah bisa dilihat. Sebanyak 148.000 orang resmi menyandang status sebagai mahasiswa terhitung sejak hari ini, Selasa (13/6).

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang lulus ujian masuk, serta memberikan beberapa pesan bagi mereka yang akan memasuki dunia perkuliahan.

“Hari ini kami sudah selesai melakukan seleksi nasional baik itu melalui jalur siswa berprestasi atau SNMPTN, maupun melalui jalur tes tertulis. Dua jalur sudah kami lalui dengan baik, semoga saja bisa mendapatkan mahasiswa yang sesuai dengan prediksi. Bisa menyelesaikan studinya tepat waktu, bisa menorehkan prestasi yang pada gilirannya nanti menjadi Alumni yang dibutuhkan masyarakat dan daerah ini, sekaligus juga berdampak terhadap pembangunan kemajuan regional,” kata Prof Thamrin.

Rektor juga mengimbau agar para calon mahasiswa Universitas Tanjungpura untuk menyiapkan diri, baik itu dari sisi kesehatan maupun mental.

“Anda akan masuk ke suasana baru. Kalau sebelumnya di pendidikan menengah umum anda mengalami proses pendidikan yang disebut dengan pedagogik, yaitu menjadikan peserta didik menjadi anak didik, maka saat memasuki perguruan tinggi anda kami perlakukan sebagai peserta didik dengan model orang dewasa, atau andragogi.

Oleh sebab itu, kata Thamrim Usman diperlukan kemandirian, dan kurangi ketergantungan sehingga mahasiswa yang baru bisa memahami ilmu yang akan dibukakan rahasianya untuk mahasiwa baru itu.

Prof Thamrin berharap mahasiswa nantinya dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu, yakni minimum selama 4 tahun. Karena jika tidak tepat waktu, maka hal itu dapat menyebabkan kerugian pada negara.

“Kuliah di perguruan tinggi negeri ini disubsidi hingga lebih 50 persen. Kalau rentang studi mahasiswa itu lebih dari 4 tahun, maka beban pemerintah akan ikut bertambah. Selain itu juga hak orang lain akan terpakai oleh anda,” jelasnya.

Rektor juga berharap mahasiswa baru nanti bisa membangun karakter.

Menurutnya pintar saja tidak ada artinya jika mahasiswa tersebut tidak memiliki moral yang baik. Ia juga ingin membuka mata para mahasiswa baru untuk mensyukuri nikmat yang diberikan pada mereka dengan diterimanya mereka masuk di perguruan tinggi negeri.

“Ada hampir 12 ribu peserta yang ingin masuk ke Untan, dan anda adalah yang terseleksi dari sekian banyak orang tersebut. Oleh sebab itu syukuri nikmat ini, Insha Allah tuhan akan menambah nikmat-nikmat yang lain. Selamat bergabung di Universitas Tanjungpura, jadilah mahasiswa yang bisa mengharumkan nama baik Universitas dan keluarga anda,” tutupnya.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY