Jelang Lebaran, Polres Sambas Gelar Rakor Lintas Sektoral

Jelang Lebaran, Polres Sambas Gelar Rakor Lintas Sektoral

BERBAGI
Foto: Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Polres Sambas menjelang lebaran/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Polres Sambas menggelar Rapat koordinasi lintas sektoral (Rakor Linsek) dalam rangka operasi Ramadniya Kapuas tahun 2017 untuk persiapan pengamanan menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sambas, AKBP Cahyo Hadiprabowo yang dilaksanakan di aula Dhira Wijaya Polres Sambas, Kamis (15/6).

Kapolres mengatakan Rakor yang digelar untuk mensinergikan dalam melakukan pengamanan pada saat operasi Ramadniya dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Rakor Linsek ini dilaksanakan untuk mengetahui seperti apa kesiapan dari pihak-pihak yang terlihat dalam operasi, dan akan diberitahukan selanjutnya jika pihak terkait tidak hadir dalam rakor ini,” katanya dalam acara yang dihadiri oleh bupati Sambas, instansi pemerintah, dan tokoh masyarakat.

Menurutnya, kegiatan rakor merupakan bagian persiapan sebelum dilaksanakan Gelar Pasukan. Melalui rapat koordinasi lintas sektoral akan ditingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman, dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1438.

Dikemukakan dalam operasi yang akan dilaksanakan, perlu dukungan dari semua pihak agar tercipta situasi yang aman di kabupaten Sambas.

Cahyo mengatakan ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian, seperti keamanan lalu lintas, keamanan lingkungan masyarakat, juga ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat serta keamanan dan kenyamanan warga dalam melaksanakan mudik lebaran. Pihak-pihak terkait, pun dimintai kesiapannya terlibat dalam Operasi Ramadniya.

Mulai dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, unsur TNI, Badan SAR Sintete, Kantor Bea Cukai Sintete, Jasa Raharja, Imigrasi.

Diundang juga para kontraktor pelaksana pengerjaan Jalan Negara, yakni PT Brantas. Serta beberapa pengusaha resort ataupun tempat wisata.

“Kita ingin mengetahui, sejauh mana kesiapan pihak-pihak terkait.
Sehingga nantinya saat gelar pasukan Operasi Ramadniya, semuanya sudah clear,” katanya.

Mulai dari masalah rambu-rambu, hingga penyelesaian pengerjaan jalan dan jembatan dibahas dalam ajang tersebut. Kemudian persiapan Lalulintas, baik darat maupun air, juga menjadi perhatian penting. Begitu juga arus mudik warga, termasuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sambas.

“Pelaksanaan hiburan, yang akan dilakukan dalam rangka Idul Fitri.
Juga harus menjadi perhatian bersama,” katanya.

Untuk kelancaran lalu lintas akibat adanya perbaikan sejumlah ruas jalan dan jembatan, dalam rakor tersebut Kapolres meminta instansi terkait untuk berkoordinasi dengan pihak PU provinsi.

“Selain itu, dalam menunjang menciptakan keamanan dan kenyamanan, akan dibuat pos pengamanan dan pos pelayanan ditempat strategis seperti di Pemangkat, Tebas, Sambas, serta Sekura. Juga akan ada pos terpadu di Aruk Sajingan Besar meliputi beberapa unsur seperti Bea Cukai, Imigrasi, TNI, Dinas Perhubungan Pol PP, serta yang lainya,” ungkap Cahyo.

(Gindra/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR