BPJS Kesehatan Menerapkan Kebijakan Khusus Selama Mudik Lebaran

BPJS Kesehatan Menerapkan Kebijakan Khusus Selama Mudik Lebaran

52
BERBAGI
Foto : BPJS Kesehatan Singkawang menggelar Konferensi Pers/Mizar

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta JKN-KIS saat mudik, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Pemudik langsung bisa berobat ke rumah sakit tanpa rujukan dulu ke puskesmas atau lapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Oleh karenanya, para peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Puskesmas.

“Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik bisa berobat langsung ke Puskesmas maupun Rumah Sakit yang merupakan mitra kerjasama BPJS di wilayah Singkawang, Sambas, dan Bengkayang,” ungkap Devi Dwi Yanti, Kepala Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Singkawang kepada sejumlah media saat menggelar Konferensi Pers bertajuk “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan,” yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, H A Kismed.

Selain membawa kartu JKN-KIS, kata dia, diharapkan juga peserta bisa mengecek aktif atau tidak kartunya.

“Silakan cek di www.bpjs-kesehatan.go.id untuk mengecek iuran peserta atau aplikasi BPJS Kesehatan Mobile,” katanya.

Jadi selama mudik ini, kata dia, BPJS Kesehatan memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS baik dalam kondisi Emergency maupun non Emergency.

“Langsung saja ke IGD, bisa langsung ditangani misalkan terserang penyakit pusing kepala, demam atau batuk, sakit lainya,” katanya.

Ia menegaskan, selama peserta BPJS kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya peserta.

Bahkan untuk memudahkan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan juga membuat aplikasi mudik BPJS Kesehatan bagi pemegang Handphone Android. Dari aplikasi ini yang bisa diunduh di Google Play Store, dengan fitur telepon penting, kantor BPJS kesehatan, Faskes BPJS Kesehatan Info BPJS Kesehatan, Tips Sehat, Lokasi Penting dan lainya.

“Jadi jika sudah diunduh maka sudah dilengkapi juga peta lokasi GPS, sehingga memudahkan pemudik yang ingin mencari lokasi rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana H A Kismed mengatakan, dua hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesuadah lebaran jika masuk dalam arus mudik dan balik.

“Pertama yang perlu diwaspadai kecelakaan lalu lintas dan penyakit diare. Dua hal inilah yang biasanya setiap tahun terjadi pada kesehatan masyarakat,” katanya.

(Mizar/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY