Untan, Prodia dan BPJS Kesehatan Gelar Skrining Kanker Serviks

Untan, Prodia dan BPJS Kesehatan Gelar Skrining Kanker Serviks

BERBAGI
Foto : Pelayanan Skrining Kanker Serviks oleh LIS Prodia, Natalia Manurung/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.comUniversitas Tanjungpura bekerjasama dengan Laboratorium Prodia dan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak mengadakan Skrining Kanker Serviks secara gratis di Rumah Sakit Untan, pada Jumat (16/6) pagi hingga siang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat serta civitas akademika Untan agar mencegah atau mengurangi resiko kanker serviks.

Laboratory Information Service Prodia, Natalia Manurung, mengatakan, ajakan tersebut juga berkaitan dengan informasi yang sedang gencar dibicarakan saat ini mengenai selebriti Julia Perez yang meninggal karena kanker serviks.

“Kemarin kan kita mendengar informasi yang sempat booming dari Julia Perez yang terkena kanker serviks. Jadi kami ingin mengajak ibu-ibu di sini bersama-sama untuk mengurangi atau mencegah kanker serviks ini melalui pemeriksaan Pap Smear,” tutur Natalia.

Ia menjabarkan, yang dimaksud dengan Pap Smear adalah salah satu cara pencegahan kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan pada wanita untuk melihat sel-sel di serviks atau mulut rahim apakah normal atau abnormal.

Natalia mengimbau khususnya pada wanita yang telah menikah atau aktif secara seksual untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear sekali dalam setahun agar dapat mencegah Human Papilloma Virus (HPV) berkembang biak menjadi kanker.

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Ina, menyambut baik dengan adanya skrining kanker serviks ini.

“Dengan adanya kegiatan ini saya bisa tahu kalau misalnya ada resiko kanker seperti itu kan saya bisa dideteksi secara dini. Jadi saya bisa mengantisipasi serta melakukan langkah pengobatan,” ujarnya.

Dosen Bahasa Mandarin di FKIP Untan ini juga merasa sedikit teringankan karena program ini menyertakan BPJS Kesehatan sebagai penanggung biaya melakukan Pap Smear yang sebelumnya tidak ditanggung oleh mereka.

Skrining serviks ini mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB di Ruang Bersalin Rumah Sakit Universitas Tanjungpura. Bagi yang ingin memeriksakan dirinya bisa langsung ke ruang bersalin dengan membawa fotokopi KTP dan fotokopi BPJS Kesehatan.

Hingga berita ini diturunkan para peserta masih berdatangan dan mengantri menunggu giliran pemeriksaan yang ditangani langsung oleh Natalia Manurung serta Bidan dan Dokter di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR