Begini Cara Mudik Aman dan Nyaman dengan Pesawat

Begini Cara Mudik Aman dan Nyaman dengan Pesawat

34
BERBAGI
Foto : Ilustrasi keluarga melakukan perjalanan, liburan atau mudik dengan pesawat/shutterstock

Thetanjungpuratimes.com – Ada berbagai moda transportasi yang bisa dipilih untuk mudik ke kampung halaman, salah satunya pesawat. Meski cenderung menghemat waktu, mudik dengan pesawat bisa membuat seseorang ‘jet lag’ dan mengalami gangguan kesehatan.

Nah, agar mudik tetap nyaman dan aman menggunakan pesawat, ada baiknya Anda melakukan tips berikut seperti dilansir laman Womenshealthmag.

  1. Perbanyak minum air putih saat sahur

Kelembapan udara pada pesawat tergolong rendah. Hal ini membuat udara di dalam kabin terasa kering dan membuat Anda dehidrasi.

Agar tak mengalami hal ini, cukupi kebutuhan cairan Anda saat sahur sehingga kondisi tubuh tetap fit meski tengah berpuasa. Anda juga bisa memilih penerbangan sore hari sehingga dekat dengan waktu berbuka.

  1. Bawalah benda-benda yang menambah kenyamanan

Meski relatif singkat tentu Anda tak ingin melewatkan waktu tidur beberapa jam di dalam pesawat, bukan ? Nah agar istirahat Anda nyenyak saat mengudara, ada baiknya Anda membawa bantal leher, headphone hingga masker mata. Benda-benda ini akan membuat perjalanan mudik Anda terasa lebih nyaman.

  1. Lakukan peregangan sederhana untuk mencegah nyeri leher dan punggung

Salah satu masalah yang mengintai dalam perjalanan dengan pesawat adalah sakit di bagian leher dan punggung. Untuk pencegahan lakukan peregangan tiap jam sehingga leher tidak kaku pada posisi yang sama.

  1. Jalan di atas kabin

Duduk dalam waktu lama di pesawat bisa menyebabkan gumpalan darah di pembuluh darah vena di kaki. Untuk mencegahnya berjalan-jalanlah di atas pesawat, apalagi untuk Anda yang menempuh penerbangan lebih dari tiga jam.

  1. Sedia permen

Penerbangan malam atau sore yang mendekati waktu berbuka puasa sangat dianjurkan bagi Anda yang berpuasa, sehingga ketika terjadi perubahan tekanan udara saat berada di pesawat yang dapat memicu rasa mual dan kembung ketika akan mendarat, Anda bisa segera minum ketika waktu berbuka tiba. Atau, bila memilih penerbangan malam, Anda bisa mengonsumsi permen jahe atau berperisa mint untuk mencegah atau menetralisir rasa mual bila terjadi perubahan tekanan udara.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY