Betulkah Pemilik Tangan Kidal Lebih Pintar?

Betulkah Pemilik Tangan Kidal Lebih Pintar?

BERBAGI
Foto : Ilustrasi anak bertangan kidal. [Shutterstock]

Thetanjungpuratimes.com –¬†Jumlah pemilik tangan kidal memang tak banyak. Di Amerika Serikat misalnya, presentase pemilik tangan kidal hanya 10-13.5 persen. Tapi jumlahnya yang sedikit membuat mereka terlihat unik dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanannya untuk berkegiatan seperti makan dan menulis.

Beberapa penelitian bahkan mengaitkan pemilik tangan kidal dengan kecenderungan lebih kreatif. Namun sebuah studi terkini di Melbourne menemukan fakta bahwa pemilik tangan kidal mungkin lebih pintar dibandingkan mereka yang tak kidal.

Temuan ini mengungkap bahwa pemilik tangan kidal lebih unggul dalam memecahkan masalah seperti pada pelajaran matematika. Ya, otak kanan mereka yang lebih aktif ternyata membuat fungsi penalaran menjadi lebih baik.

Sedangkan individu yang tangan kanannya lebih dominan, bukan berarti otak kirinya lebih aktif dan membuat logika mereka berfungsi dengan baik. Peneliti pun mengatakan bahwa mereka yang tangan kanannya lebih dominan tidak memiliki kelebihan yang menonjol.

“Pada dasarnya yang terbaik adalah ketika kedua sisi otak sama-sama unggul sehingga pemrosesan informasi menjadi lebih efektif,” ujar peneliti.

Karena masing-masing sisi otak memiliki kelebihannya masing-masing, peneliti pun mengimbau agar individu menggunakan kedua tangannya secara bergantian untuk berkegiatan sehingga melatih kedua otak untuk sama-sama unggul.

“Jadi latihlah tangan Anda untuk menulis dan makan dengan kedua tangan Anda agar kedua otak seimbang,” pungkas peneliti seperti dilansir laman Menshealth.

(Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR