Repotnya Kirim Email di Tahun 80-an

Repotnya Kirim Email di Tahun 80-an

BERBAGI
Foto : Penampakan Email tahun 80-an/Suara.com

Thetanjungpuratimes.com – Pernah Anda bayangkan mengirim email pada periode tahun 80-an? persisnya pada 1984, saat internet baru pertama kali muncul. Yang pasti, penggunaan E-mail belum terlalu familiar seperti sekarang.

Dalam sebuah tayangan dokumentasi berjudul ‘Database’ yang dibuat oleh Thames TV, digambarkan bagaimana dua orang teknisi, Julian dan Pat Green sedang mengirimkan email pada tahun 1984. Di situ, pembawa acara Jane Ashton menanyakan kepada Julian bagaimana sebuah komputer dapat terhubung dengan telepon.

“Ini sangat mudah, Aku hanya perlu mengambil kabel telepon dan menyambungkannya ke modem,” ujar Julian.

Julian kemudian menggunakan telepon untuk memasukan nomor jaringan Prestel. Di jaringan tersebut, terdapat layanan bernama Micronet.

“Micronet memiliki beragam fasilitas, seperti majalah, berita harian, kondisi cuaca hari ini, dan mengirim pesan. Sebagian fasilitas bayar, sebagian lainnya gratis,” lanjut Julian.

Selanjutnya, Pat mencotohkan bagaimana cara mengirimkan Email dengan layanan Micronet. Di situ si pengirim harus memasukan nomor telepon penerima. Selanjutnya, pat menuliskan pesan. Tak beberapa lama, Jane mendapatkan email yang dikirim oleh Pat. Email tersebut tampak sederhana dengan tampilan khas komputer jadul.

Dari video ini, diketahui bagaimana repotnya mengirim email pada 1984. Betapa beruntungnya pengguna internet modern yang dimudahkan dengan beragam fasilitas Email gratis.

 (Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR