Studi: Ukuran Aplikasi Ponsel Kian Membengkak

Studi: Ukuran Aplikasi Ponsel Kian Membengkak

50
BERBAGI
Foto : Ilustrasi media sosial [shutterstock]

Thetanjungpuratimes.com –¬†Kapasitas penyimpanan sebuah smartphone adalah aspek paling berharga bagi pengguna. Namun, perkembang ukuran file sebuah aplikasi di IOS kian mengonsumsi memori internal ponsel.

Sebuah studi yang dilakukan Sensor Tower, ukuran file aplikasi seperti Facebook, Uber, Gmail, dan Snapchat telah membengkak dalam empat tahun terakhir.

Contoh paling nyata adalah Facebook. Sensor Tower menemukan bahwa aplikasi Facebook untuk iPhone kini membutuhkan ruang sebesar 388 MB. Padahal, pada 2013, Facebook hanya menghabiskan 32 MB.

Contoh lainnya adalah Snapchat. Aplikasi video berbagi ini kini menghabiskan 203 MB atau 12 kali lipat dari ukuran filenya beberapa tahun lalu.

Beberapa pengamat melemparkan kritikan terhadap fenomena ini. Menurutnya, membengkaknya aplikasi dapat mempengaruhi kinerja smartphone.

“Bayangkan, betapa banyaknya bandwidth dan penyimpanan yang dihabiskan aplikasi-aplikasi itu,” ujar John Gruber seorang penggemar iPhone.

Kecenderungan ini mencakup seluruh 10 aplikasi iOS teratas AS, menurut Sensor Tower. Perusahaan riset tersebut juga menghubungkan tren tersebut dengan keputusan yang dibuat Apple pada tahun 2015 untuk meningkatkan ukuran aplikasi maksimum menjadi 4GB.

Untungnya, Apple dikabarkan tengah mengerjakan fitur baru di versi terbaru iOS yang seharusnya membantu pengguna menangani file aplikasi yang membengkak.

(Business Insider/Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY