Rektor Untan Tanam Pohon di Lahan Hijau Jogging Track

Rektor Untan Tanam Pohon di Lahan Hijau Jogging Track

52
BERBAGI
Foto : Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, menanam pohon pada peringatan hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Dunia/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura bersama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Kementerian Lingkungn Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memperingati Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Dunia di lahan hijau Jogging Track Untan pada Senin (19/6) pagi dengan melakukan penanaman pohon di lahan tersebut.

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr Thamrin Usman DEA, menekankan pentingnya hal tersebut dilaksanakan karena telah terjadinya perubahan iklim.

“Kita sudah rasakan sendiri, Pontianak yang biasanya kemarau, sekarang alhamdulilah tidak mengalami kemarau. Tetapi ada daerah-daerah yang memiliki curah hujan tinggi sekarang menjadi kering,” ucap Rektor.

Kemudian, lanjutnya, garis pantai juga sudah mulai berkurang diakibatkan volume secara global yang bertambah karena mencairnya es di kutub utara.

Karena itu Rektor merasa hal tersebut perlu diatasi dengan mengembalikan keseimbangan alam seperti semula.

“Lahan yang tadinya kering harus segera kita hijaukan. Masyarakat juga dalam mengelola lahannya tolong jangan dengan cara merusak. Gunakan teknologi agar lahan yang dipakai itu betul-betul terjaga,” katanya.

Sementara dari Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, menyarankan agar kegiatan serupa dimulai dengan melibatkan peran masyarakat sedari kanak-kanak.

“Misalnya hari ini kita nanam 1000 pohon, kemudian yang nanam anak usia 5 tahun didampingi orang tuanya. Kalau perlu setiap pohon itu diberi nama anak itu akan menjadi kenangan dia sampai dewasa nanti sehingga kita melahirkan generas-generasi yang cinta akan lingkungan hidup,” ujar Wali Kota.

Sutarmidji juga memberi masukan agar siswa yang berprestasi di sekolahnya dibuatkan sebuah monumen berbentuk pohon dengan nama dirinya tertulis disana agar ia selalu mengingat di setiap hal yang ia lakukan selalu memperhatikan aspek kelestarian lahan.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Dunia diperingati setiap tanggal 17 Juni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kerjasama untuk menanggulangi kekeringan dan degradasi lahan. Secara bergantian perangkat kerja yang hadir bersama dengan Rektor Untan memberikan kata sambutan sebelum akhirnya dilanjutkan dengan penanaman pohon di lahan hijau Jogging Track Untan.

(Imam/Muh)

Foto : Rektor Untan bersama dengan sejumlah perangkat pemerintah yang memperingati Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Dunia/Imam

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY