Di Bandara Dubai, Smartphone Bisa Gantikan Paspor

Di Bandara Dubai, Smartphone Bisa Gantikan Paspor

BERBAGI
Foto : Ilustrasi paspor. (Foto: shutterstock)

Dubai, thetanjungpuratimes.com – Penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Dubai, sekarang dapat menggunakan ponsel pintar mereka di ‘gerbang pintar’ dan bukan paspor sebagai bagian dari layanan baru yang disebut Smart UAE Wallet.

Letnan Jenderal Dahi Khalfan Tamim, wakil ketua polisi dan keamanan publik di Dubai dan Mayor Jenderal Mohammad Ahmad Al Merri, direktur jenderal Direktorat Jenderal Urusan Luar Negeri dan Luar Negeri di Dubai (GDRFA Dubai), meluncurkan proyek tersebut. pemerintah setemmpat menggandeng maskapai penerbangan Emirates di Bandara Internasional Dubai.

Fasilitas baru ini diharapkan bisa mengurangi waktu keberangkatan hingga antara 9 dan 12 detik per penumpang.

Untuk saat ini, aplikasi UEA Wallet dapat digunakan di Terminal 3. Ini akan beroperasi di semua terminal setelah dompet terhubung dengan maskapai lain.

“Smart Wallet akan menghemat waktu penumpang dan juga melindungi dokumen dan paspor mereka. Penumpang hanya perlu menggunakan smartphone di gerbang pintar dan memindai sidik jari mereka [menyelesaikan prosedur keberangkatan] dengan mudah,” kata Letnan Jenderal Tamim.

Pada tahap awal, UEA Wallet akan berisi kartu identitas pribadi, rincian paspor, dan data kartu smart gate dari pelancong.

“Tahap kedua akan menghubungkan semua data Emiratis dan penduduk ke dalam dompet sehingga penumpang tidak perlu menunjukkan dokumen mereka saat bertransaksi di departemen pemerintah manapun. Mereka akan menunjukkan kode di dalam telepon untuk membagikan datanya dan menyelesaikan transaksi dalam hitungan detik,” tambahnya.

Penumpang bisa mengunduh aplikasi dari Apple Store.

“Aplikasi ini aman dan memiliki pemeriksaan keamanan. Para pengembang mengatakan tidak mungkin untuk meretas atau menyalahgunakan aplikasi tersebut,” kata Letnan Gen Tamim.

“Penumpang hanya perlu memindai kode pada ponsel pintar mereka di gerbang pintar dan memindai sidik jari untuk menyelesaikan proses dalam 9 sampai 12 detik. Penumpang Emirate dan penduduk mewakili 55 persen orang yang menggunakan bandara Dubai dan UEA Wallet akan mengurangi lalu lintas di semua gerbang,” papar asisten direktur jenderal untuk urusan pelabuhan di GDRFA Dubai, Brigadir Talal Al Shanqiti.

Sementar itu, Sami Akilan dari maskapai Emirates, mengatakan bahwa penumpang tidak perlu membawa paspor mereka sekarang, bahkan boarding pass.

“Semua data yang terdaftar di sistem termasuk nama, nomor kursi dan nomor penerbangan terkait dengan dompet. Ini akan mengurangi waktu dan usaha [untuk semua pihak],” ujarnya.

Lalu, bagaimana bisa memanfaatkan UEA Wallet?
Calon penumpang bisa mengunduh aplikasi di Apple Store. DAftar untuk UEA Wallet kapan pun sebelum tanggal perjalanan Anda.

Setelah mendaftar, sampaikan barcode yang dapat dibaca mesin yang dibutuhkan di dalam Dompet UAE untuk melewati gerbang pintar.

(Al Arabiya/Suara.com/dsdespi)

TIDAK ADA KOMENTAR