Lonjakan Penumpang Terjadi di Terminal Lawang Kuari

Lonjakan Penumpang Terjadi di Terminal Lawang Kuari

BERBAGI
Foto: Terminal Lawang Kuari Sekadau/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Di Terminal Lawang Kuari, sejak hari ke lima hari raya Idul Fitri sudah terlihat penumpang yang hendak balik setelah berlibur di kampung halaman. Bahkan, lonjakan penumpang sudah terjadi sejak H+3 lebaran dan diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (2/7) hari ini.

Salah seorang petugas booking tiket bus ATS, Aden menuturkan, sebelumnya ada banyak penumpang yang tidak terangkut. Penumpang tersebut, kata dia hendak balik ke Pontianak maupun luar Kalbar setelah berlebaran.

“Semuanya penuh. Jadi ada penumpang yang tidak terangkut hendak balik ke Pontianak,” ujarnya.

Menurutnya, lonjakan penumpang sudah terjadi sejak H+3 labaran. Bahkan, tidak hanya kendaraan jenis bus saja yang mengangkut penumpang, namun juga mini bus hingga taksi.

Ia mengatakan, dibandingkan dengan hari biasanya peningkatan penumpang terjadi lebih dari 25 persen.

“Tapi dibandingkan tahun lalu, memang ada penurunan jumlah penumpang,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat meminta masyarakat pada arus balik untuk selalu berhati-hati. Ia berharap, semua penumpang patuh dan taat dengan aturan lalu lintas.

“Kalau sudah tidak dapat kursi jangan memaksakan diri naik ke kabin kendaraaan, karena itu akan menimbulkan bahaya dan merugikan diri sendiri,” tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta sopir kendaraan umum dan pemilik perusahaan ikut mematuhi peratusan lalu lintas. Apalagi, pada hari besar seperti lebaran lonjakan penumpang akan terjadi.

“Kami tidak melarang sopir atau perusahaan bus mencari penumpang. Tapi jangan membawa penumpang diluar kapasitas kendaraan,” pintanya.

Karena, kata Kapolres jika terjadi kecelakaan tentu akan merugikan perusahaan itu sendiri. Jangan demi mengejar keuntungan, keselamatan diabaikan.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR