Belum Ditemukan Ormas Anti Pancasila di Kota Singkawang

Belum Ditemukan Ormas Anti Pancasila di Kota Singkawang

BERBAGI
Foto : Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadien Mustofa, saat memimpin apel pagi di halaman Mapolres Singkawang/Mizar

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Berdasarkan pantaun Kepolisian Resort Kota Singkawang sejauh ini belum ditemukan adanya organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Kota Singkawang yang disinyalir bertentangan dengan ideologi Pancasila apalagi yang anti Pancasila.

“Pantauan saat ini di Singkawang belum ada ditemukan Ormas anti Pancasila,” ungkap Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustofa.

Pernyataan Kapolres tersebut disampaikan saat menjawab rencana pemerintah mengeluarkan Perpu pembubaran ormas yang disinyalir bertentangan dengan Ideologi negara yakni Pancasila.

Ditambahkan Kapolres, Polri siap menjalankan keputusan pemerintah tentang pembubaran Ormas yang dilarang oleh negara dengan mengedepankan upaya persuasif dan koordinatif dengan instansi lainya.

“Kita harapkan Ormas yang terkena pembubaran oleh pemerintah memahami dan mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kota Singkawang Sofian juga mengatakan hal demikian, bahw di Kota Singkawang tidak ditemukan Ormas anti pancasila atau Ormas yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.

“Tidak ditemukan, bahkan di Singkawang,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan atas beroperasinya atau berdirinya sebuah gerakan maupun organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Singkawang.

“Setiap Ormas atau Lembaga Swadaya Masyarakat di Kota Singkawang harus terdaftar, selain pengawasan juga mempermudah kita dalam upaya pembinaan,” ungkapnya.

Karena bagaimana pun, tambah dia, setiap pendirian organisasi kemasyarakatan haruslah mengacu pada aturan berlaku termasuk dalam menjalankan kegiatan-kegiatan Ormas tersebut.

“Intinya lembaga non pemerintah seperti LSM maupun Ormas merupakan mitra pemerintah Kota Singkawang dalam upaya bersama membangun Kota Singkawang,” katanya.

(Mizar/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR