Pemkab Kapuas Hulu Adakan Manasik Haji

Pemkab Kapuas Hulu Adakan Manasik Haji

BERBAGI
Foto : Kegiatan Manasik Haji di Masjid Agung Putussibau/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan manasik Haji Tahun 2017 di Masjid Agung Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, pada Sabtu (15/07). Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu Ir H Muhammad Sukri.

Ketua Panitia Pelaksana Masih Haji, HM Mauluddin, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan manasik haji tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang baik kepada jemaah calon haji, sebagai bekal dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji, mulai dari keberangkatan dari tanah air sampai pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

“Baik itu berupa ibadah bersifat wajib maupun sunah dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan rangkaian penyelenggaraan ibadah haji sesuai tuntunan dan syariat islam,” terangnya.

Dijelaskannya, sejalan dengan kebijakan pemerintah Saudi Arabia tentang penambahan kuota jemaah haji Indonesia, maka Kabupaten Kapuas Hulu mendapat kuota jemaah haji musim haji 2017 sebanyak 132 orang. Teridiri dari Kecamatan Hulu Gurung 9 orang, Putussibau Utara 23 orang, Jongkong 6 orang, Boyan Tanjung 15 orang, Bunut Hilir 9 orang, Putussibau Selatan 13 orang, Kalis 1 orang, Suhaid 7 orang, Pengkadan 3 orang, Embaloh Hilir 1 orang, Badau 3 orang dan Bunut Hulu 15 orang.

“Para jemaah haji itu berasal dari 12 Kecamatan, untuk jumlah jamaah haji terbanyak yang berangkat berasal dari Kecamatan Putussibau Utara yakni sebanyak 23 orang,” katanya.

Diterangkannya, untuk jamaah haji termuda yaitu Hairol Nopol Madnur berusia (29) tahun dari Dusun Sungkin, Kecamatan Boyan Tanjung, dan jemaah haji tertua yakni Musharofah Jamali Jalil dari Desa Badau, Kecamatan Badau.

“Materi yang disampaikan seperti pengorganisasian perjalanan, tayamum dan salat dalam perjalanan haji, salat Jama’ dan Qashar, Syarat, Rukun dan Wajib Haji, Ihram Haji dan Umroh, Wukuf, Mabit dan melontar Jumrah, Tawaf dan Sai, Tahalul dan Dam, Filosofi haji dalam kehidupan dan general Chek Up dan Imunisasi,” jelasnya

Sementara itu, Sekda Kapuas Hulu Ir H Muhammad Sukri mengimbau agar calon jemaah haji mempersiapkan kesehatan dan fisik. Mengingat ibadah Haji di Mekah, Arab Saudi itu sangat lama yakni sekitar 20 hari.

Diterangkannya, saat ini Arab Saudi memasuki musim panas dimana suhu cuaca disana bisa mencapai 50 derajat. Sehingga para jemaah haji diharapkan untuk memperhatikan kelengkapan seperti air minum agar jangan lupa dibawa, termasuk masker untuk menghindari debu.

“Sejauh ini persiapan Jemaah haji kita sudah cukup matang. Mereka sudah melakukan manasik Haji. Nanti mereka tinggal berangkat dari Batam, gabung dengan kloter pertama. Dari Pemda sendiri tentu akan memberi pendampingan. Namun tidak seutuhnya hingga ibadah haji selesai, mereka hanya mengantar sampai ke Batam saja,” tutupnya.

(Yohanes/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR