BMKG Supadio Pontianak Temukan 23 Titik Panas di Kalbar

BMKG Supadio Pontianak Temukan 23 Titik Panas di Kalbar

BERBAGI
Foto: Ilustrasi titik panas/Covesia.com

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Berdasarkan Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, sampai tanggal 24 Juli 2017 sudah terpantau 23 titik panas yang tersebar di Kalimantan Barat.

“Ini memang bertambah dari hari sebelumnya pada 23 Juli 2017 yang hanya sebanyak tiga titik, namun pada 24 Juli 2017 bertambah menjadi 23 titik,” kata Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Mega Fitriawita, Selasa (25/7).

Dirinya memaparkan sejumlah titik panas tersebut diantaranya lima titik di Kabupaten Sanggau, empat titik di Kabupaten Ketapang, lima titik di Kabupaten Sintang, empat titik si Kabupaten Kapuas Hulu, satu titik di Kabupaten Landak, dan dua tiga di Kabupaten Kubu Raya.

“Dari pantauan kami pada Juli, Agustus, September curah hujan di Kalbar mulai berkurang, potensi hujan akan tetap ada tapi cenderung kepada wilayah pesisir yang berdekatan dengan pantai, kalau pun terjadi hujan, hujannya ringan dan skalanya hanya lokal dengan durasi singkat,” paparnya.

Dengan berkurangnya curah hujan, lanjut dia, suhu udara akan meningkat maksimal 34 hingga 35 derajat celsius.

“Selama tiga bulan kedepan memang curah hujan lebih sedikit, tapi memasuki bulan Oktober, Nopember, dan Desember nanti curah hujan akan lebih tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam 10 hari terakhir ini jarak pandang masih berkisar enam sampai 10 kilometer. Namun jika pada waktu dini hari, dan pagi hari jarak pandang paling rendah pernah mencapai 500 meter.

Guna menghindari terjadinya kebakaran lahan, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok pada lahan yang kondisinl tanahnya cukup kering.

(Agustiandi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR