Prof Thamrin Usman : Supadio Sudah Saatnya Bangun Ermbarkasi Haji

Prof Thamrin Usman : Supadio Sudah Saatnya Bangun Ermbarkasi Haji

BERBAGI
Foto : Prof Dr H Thamrin Usman DEA, Rektor Untan/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Persiapan Pembangunan Embarkasi Haji bertaraf Internasional di Bandara Supadio Pontianak mendapat dukungan dari Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof Dr Thamrin Usman DEA, yang dalam hal ini berencana untuk bekerjasama dari segi penyediaan sumber daya manusia.

“Dengan Supadio Airport Internasional yang disiapkan menjadi Airport Embarkasi Haji, ini sudah saatnya seharusnya, bahkan sebelum-sebelumnya, sekarang kita melihat bahwa Bandara Supadio sudah kelasnya,” kata Prof Dr Thamrin Usman DEA setelah mengisi acara Coffee Break dan Diskusi, pada Rabu (9/8) siang.

Thamrin Usman mengatakan, datang atau pergi menggunakan Airport Supadio itu membanggakan. Kemudian, dengan adanya wacana untuk menjadikan Supadio menjadi Terminal Embarkasih Haji, ini sewajarnya.

“Oleh sebab itu, selain panjang landasan yang perlu ditambah, kemudian yang kedua itu adalah kekuatan landasan, karena landasan harus mampu menahan beban pesawat lebar. Kita optimis, karena secara geografis, kalau Supadio ini bisa menjadi Embarkasi Haji, maka dari Kalimantan Tengah akan bisa ke Kalimantan Barat, dan dari daerah lain. Ini penting karena banyak keuntungan yang kita peroleh,” katanya.

Thamrin Usman menuturkan, jemaah haji Kalbar harus ke Batam, maka kehilangan waktu dan biaya. Kemudian kalau ini bisa diambil alih, maka di sekitar Supadio atau di Pontianak bisa dihadirkan asrama haji yang refresentatif untuk itu.

“Kemudian kita bisa langsung terbang, jadi pintu keluarnya dari Pontianak ini sangat menguntungkan bagi kita. Mengenakkan para jemaah haji. Saya memandang sudah selayaknya lah, dan itu urgen, segera untuk kita jadikan Supadio menjadi Airport Embarkasi Haji untuk Kalbar dan sekitarnya,” tuturnya.

Thamrin Usman melanjutkan, meski model transportasi udara bukan pilihan yang menarik untuk mentransportasi barang khususnya, namun dengan hadirnya Supadio Airport Internasional, ditambah lagi Embarkasi Haji  akan menjadi nilai plus untuk Supadio.

“Perlu dipahami bahwa ini menjadi lapangan pekerjaan untuk putra putri kita, kami dari pihak Untan sudah melakukan komunikasi dengan Bupati Mempawah dengan rencana realisasi Pelabuhan Laut Internasional, kami akan menyiapkan tenaga, menyiapkan kompetensi-kompetensi yang diperlukan untuk ini, samalah dengan Supadio, maka kita siap untuk mengbackup itu,” pungkasnya.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR