124 Calon Jemaah Haji Sintang Diberangkatkan Menuju Tanah Suci

124 Calon Jemaah Haji Sintang Diberangkatkan Menuju Tanah Suci

BERBAGI
Foto : Calon Jemaah Haji Sintang Diberangkatkan Menuju Tanah Suci/Lingga

Sintang, thetanjungpuratimes.com – Isak tangis haru keluarga mengantarkan para calon jemaah haji untuk menunaikan kewajiban rukun Islam yang kelima, di Halaman Bandar Udara Susilo Sintang, pada Kamis (10/8).

Keberangkatan Calon Jamaah Haji Sintang tersebut dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Sintang menuju Kota Pontianak dengan menggunakan pesawat Kalstar dan kemudian akan dilanjutkan dengan penerbangan menuju Bandara Embarkasih Batam.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sintang didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang, Askiman, mengatakan, pelaksanaan ibadah haji terkait dengan kepentingan Pemerintah Daerah terutama pada bagian pencapaian suatu visi pembangunan daerah di Kabupaten Sintang.

“Kita dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang religius, sehingga visi ini dapat membentuk individu dan masyarakat yang memiliki nilai moral agama dan dapat membawa kebaikan serta dapat meningkatkan nilai-nilai yang akan memperkuat keimanan kita didalam melaksanakan ibadah haji,” kata Askiman.

Askiman menuturkan, bahwa pelaksanaan ibadah haji ini dilakukan terkandung akan memperkuat rasa kesabaran kita, akan meningkatkan ketaqwaan, serta dapat mengendalikan diri sendiri bagi yang menjalankannya.

“Oleh sebab itu, tentu saya sangat berkepentingan suskesnya pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Sintang, karena dapat langsung ikut serta untuk tercapainya satu visi pembangunan di Kabupaten Sintang,” tutur Wakil Bupati.

Menurut Askiman, peningkatan masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji untuk tahun ini begitu banyak, yaitu sebanyak 124 orang yang diberangkatkan ke tanah suci.

“Tentunya hal ini merujuk kepada ekonomi masyarakat untuk menunaikan ibadah haji terus meningkat, dan juga mengindikasikan bahwa kondisi kesejahteraan masyarakat juga terus meningkat, dan ini merupakan hal yang paling penting dilakukan karena dapat membawa efek positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan itu semua kita bersama-sama untuk melaksanakan pembangunan agar peningkatan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tambahnya.

Ia juga  berpesan kepada seluruh calon jemaah haji untuk tetap jaga selalu kesehatan fisik dengan sebaik-baiknya, karena penyelenggaraan ibadah ini cukup panjang, memerlukan kondisi kesehatan yang prima, haruslah kita menjaga kesehatan banyak meminum air putih.

“Saya juga meminta bangunlah kekompakan bersama anggota jemaah haji, agar segala urusan dan kendala dapat diatasi bersama, hindari perselisihan antara sesama jemaah haji maupun petugas haji,” pesan Askiman.

Ditemui secara terpisah, Kepala Sub Bagian Agama, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, HMYusuf mengatakan, jemaah haji asal Kabupaten Sintang pada musim haji 1438 Hijriah atau tahun 2017 Masehi berjumlah sebanyak 124 orang dengan 10 orang pendamping.

“Terdiri dari pria sebanyak 57 orang dan wanita sebanyak 67 orang dengan didampingi oleh para petugas 2 orang dari Kementerian Agama Kabupaten Sintang, 2 orang bandara, dan 6 orang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dan hanya mendamping hingga di Batam,” jelasnya.

HM Yusuf menambahkan, para calon jemaah haji asal Kabupaten Sintang termasuk didalam kloter 13 embarkasi Batam, dengan pelaksanaan ibadah haji dilakukan selama 43 hari, dimulai dari hari ini tanggal 10 Agustus 2017 dan akan tiba di Kabupaten Sintang diperkirakan pada pertengahan September 2017.

(Lingga/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR