Mengapa Sikap Lebih Penting Dibandingkan IQ

Mengapa Sikap Lebih Penting Dibandingkan IQ

BERBAGI
Foto : Ilustrasi/rimanews.com

Thetanjungpuratimes.com – Ketika kita berbicara mengenai kesuksesan, kita akan langsung berpikir bahwa orang yang sukses merupakan mereka yang dianugrahi otak yang pintar untuk menunjang kesuksesan mereka.

Penelitian baru dari Stanford University akan mengubah pikiran Anda (dan sikap Anda). Psikolog Carol Dweck dalam studi barunya menunjukkan bahwa sikap lebih penting dibandingkan IQ

Dweck mengemumkan bahwa sikap inti seseorang termasuk dalam salah satu dari dua kategori yakni pola pikir tetap dan pola pikir yang masih berkembang. Dengan pola pikir tetap, Anda yakin dengan diri Anda dan tidak akan bisa merubahnya. Hal ini menciptakan masalah saat Anda tertantang karena sesuatu yang tampaknya lebih dari yang dapat Anda atasi pasti membuat Anda merasa tidak berdaya dan kewalahan.

Orang-orang dengan mindset berkembang percaya bahwa mereka dapat memperbaiki diri dengan usaha Mereka bisa mengungguli mereka yang memiliki pola pikir tetap, bahkan ketika mereka memiliki IQ yang lebih rendah, karena mereka menerima tantangan sebagai kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru

Sukses dalam kehidupan adalah bagaimana cara kita bisa menangani kegagalan. Untuk mencapai kegagalan, bagi orang-orang dengan growth mindset akan lebih seperti ini “kegagalan adalah sebuah informasi, kita menyebutnya kegagalan, tapi sebenarnya ini akan lebih menjadi, ini tidak berhasil. Saya adalah seorang problem solver, jadi saya akan mencoba hal yang lainnya

Berikut adalah beberapa strategi yang akan menyempurnakan pola pikir Anda dan membantu Anda memastikannya berorientasi pada pertumbuhan.

Punya passion

Tidak pernah menyerah dan selalu optimistis merupakan bekal yang dmiliki oleh orang-orang sukses yang setia dalam mengejar passionnya. Passion membuat seseorang terus semangat dan membuat hidupnya selalu berwarna.

Penting sekali untuk kita selalu memiliki passion, tidak peduli IQ kita rendah atau tinggi. Dengan selalu mengejar passion dan mau terus berusaha, itu yang nantinya bisa mengantarkan kita menuju situasi yang jauh lebih baik dari yang sekarang.

Jangan mudah menyerah

Orang-orang yang memiliki mindset biasanya akan mudah cemas, taku akan kegagalan dan ragu-ragu dalam menjalankan sebuah usaha. Kebanyakan orang-orang sukses tidak akan memberikan hal itu terjadi.

Jadi, kita tidak boleh menyerah begitu saja, melainkan harus menghadapinya dengan penuh percaya diri. Mereka bangun dari kegagalan dan menjadikan itu sebuah informasi dan data untuk bisa digali lagi menjadi bahan pembelajaran untuk lebih baik ke depannya.

Hilangkan batasan dalam diri sendiri

Kita tidak boleh menaruh batasan dalam kehidupan. Jika kita menaruh batasan pada diri kita sendiri baik itu fisik, mental maupun yang lainnya, itu juga akan menular di sepanjang hidup. Itu akan menular di pekerjaan, moral, dan hal-hal yang lain. Membuat batasan diri sendiri juga memaksa kita untuk tidak berkembang kemana-mana, kita hanya akan ada di satu titik yang pasti dan itu seperti seakan membuat kita berjalan di tempat.

(rimanews.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR