Cakupan Akta Kelahiran Kota Pontianak Lampaui Target Nasional

Cakupan Akta Kelahiran Kota Pontianak Lampaui Target Nasional

BERBAGI
Foto: Kepala Dinas Disdukcapil Kota Pontianak saat menyerahkan paket layanan 3 in 1 kepada salah satu Rumah Sakit swasta yang bekerja sama dengan Disukcapil/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Suparma, mengatakan, cakupan penerbitan akta kelahiran Kota Pontianak saat ini sudah melampaui target yang diberikan oleh pusat.

“Dari target 85 persen yang diberikan oleh pusat secara nasional, menurut data Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) kita sudah mencapai 86 persen untuk usia nol sampai 18 tahun,” ujarnya, Sabtu, (12/8).

Tetapi, lanjutnya, jika dilihat berdasarkan data Integrasi saat ini, cakupan akta kelahiran Kota Pontianak sudah mencapai 97 persen. Ini berarti Pontianak merupakan salah satu dari 17 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang bisa mencapai angka tersebut.

Menurutnya, hal itu dapat terjadi dikarenakan setiap harinya Disukcapil berupaya dengan melakukan sosialisasi langsung, pelayanan langsung serta membentuk kelompok sadar akta kelahiran kepada masyarakat melalui perangkat RT serta rumah-rumah ibadah, terutama pada saat penyelenggaraan acara keagamaan.

“Sementara itu yang dapat kita lakukan,” imbuhnya.

Hasilnya dapat dilihat dimana pada Bulan Juli lalu Pemerintah Kota Pontianak dianugerahi tingkat Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia terkait cakupannya menerbitkan akta kelahiran ini.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR