Kemah Perbatasan, Kapuas Hulu Minta Jadi Tuan Rumah

Kemah Perbatasan, Kapuas Hulu Minta Jadi Tuan Rumah

BERBAGI
Foto : Agus Mulyana, Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Mulyana, mengatakan, ada momen besar terkait Pramuka yang akan dilaksanakan di kawasan Perbatasan. Momen tersebut seperti kegiatan kemah.

“Kegiatan itu dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” kata Agus, Minggu (13/8).

Menurut Agus, kegiatan kemah tersebut belum ada keputusan tempat pelaksanaan, sementara kegiatan harus dilakukan di kawasan perbatasan. Sebab itu, Kwarcab Kapuas Hulu mengusulkan agar itu bisa dilaksanakan di Bumi Uncak Kapuas.

“Tempat belum diputuskan, namun Kapuas Hulu mengusulkan diri jadi tuan rumah, karena kita juga kawasan perbatasan,” tuturnya.

Momen kemah perbatasan tersebut bukan hanya diikuti pramuka Indonesia, tetapi juga di ikuti pramuka dari luar negeri. Hal ini menjadi momen yang tepat untuk mempromosikan Kapuas Hulu.

“Kemah perbatasan ini pernah dilakukan di Sambas dan beberapa negara luar hadir,” ujarnya.

Pramuka saat ini, kata Agus, bukan sekedar kegiatan ektra kurikuler di sekolah, tetapi juga sebagai gerakan yang diminta oleh pemerintah untuk membantu pembinaan karakter bangsa.

Untuk merealisasikan upaya tersebut, gugus depan pramuka di tingkat desa harus dimaksimalkan perannya.

“Memaksimalkan peran gugus depan itu tentu perlu dukungan Pemerintah Desa untuk dana pembinaan dan kegiatan. Hal ini juga perlu dukungan Bupati dan Wakil Bupati karena itu butuh Peraturan Bupati yang bisa menjadi acuan para kades,” jelasnya.

(Yohanes/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR