Sutarmidji Terima Penghargaan Perizinan Perumahan MBR Tercepat

Sutarmidji Terima Penghargaan Perizinan Perumahan MBR Tercepat

BERBAGI
Foto : Sembilan Kepala Daerah, termasuk Sutarmidji (dua dari kanan) saat menerima penghargaan perizinan perumahan MBR tercepat dari menteri PUPR/Humas

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), memberikan apresiasi kepada sembilan kepala daerah yang telah berhasil berinovasi memberikan perizinan dalam waktu yang sangat singkat, terutama perizinan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri penyerahan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah atas kemudahan dalam penerbitan izin perumahan bagi MBR di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (11/8).

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, menjadi salah satu dari sembilan kepala daerah yang menerima penghargaan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Bahkan Pontianak menjadi daerah tercepat yang mengeluarkan perizinan perumahan dengan hanya dalam hitungan jam saja.

“Saya sangat apresiasi sembilan daerah ini, bahkan ada yang paling cepat 6,5 jam perizinan sudah keluar,” ujar Jokowi.

Dengan bangga, Jokowi menyebut sembilan kepala daerah yang telah berhasil melakukan inovasi dalam mempersingkat proses perizinan dalam hitungan jam, terutama Kota Pontianak. Ia menjanjikan akan memberikan program pembangunan pada daerah yang telah melakukan terobosan inovasi dalam penerbitan perizinan itu.

“Saya sangat senang sekali ada kepala daerah diberi penghargaan karena urusan perizinan bisa diselesaikan dengan cepat bahkan hitungan jam. Saya suruh kementerian PU-PR untuk memberi sembilan daerah ini proyek pembangunan,” lanjutnya.

Jokowi menegaskan, saat ini sudah tidak zamannya lagi memberikan izin dalam waktu berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kalau masih ada yang demikian, ia menyebutnya sebagai birokrasi kuno.

“Kepala daerah ini (yang menerima penghargaan) jangan hanya diberi piala saja Pak Menteri, maksud saya berikan juga proyeknya. Masa cuma piala saja, berikan proyek pembangunannya juga dong,” sindirnya kepada Menteri PUPR.

Presiden RI ini mengatakan, pemerintah memberikan subsidi perumahan untuk masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah dengan jumlah yang tidak sedikit, yakni senilai Rp74 triliun. Dengan nilai subsidi tersebut, menurutnya sudah seharusnya pertumbuhan perumahan ini sangat pesat.

Diakuinya, kendala terbesar dalam memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat adalah terkait perizinan. Masih banyak daerah yang mempersulit perizinan perumahan bagi masyarakat. Karena itu, ia meminta para pengembang secara aktif melaporkan daerah mana yang mempersulit perizinan di sektor perumahan ini.

“Masalah perizinan selalu disampaikan pada presiden, tidak ada rampung-rampung. Sembilan kepala daerah yang mendapat penghargaan ini sudah selesai dan baik, tapi tidak bagi daerah lainnya. Masih banyak daerah yang mempersulit perizinan, tapi saya bangga dengan sembilan kepala daerah ini yang bisa memberikan perizinan hitungan jam,” kata Jokowi.

Sejumlah kepala daerah menerima penghargaan dari Kementerian PUPR atas kemudahan dalam mengeluarkan perizinan perumahan bagi MBR. Ada tiga kategori kepala daerah yang menerima penghargaan, yakni Gubernur, Wali Kota, dan Bupati.

Untuk Gubernur sendiri yang menerima penghargaan tersebut adalah Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian untuk kategori Wali Kota adalah Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Wali Kota Jambi, Syarief Fasha dan Wali Kota Manado, IR Godbless Sofcar Vicky Lumentut.

Sedangkan untuk kategori Bupati, penghargaan diberikan kepada Bupati Maros, M Hatta Rahman, Bupati Malang, Hendra Kresna dan Bupati Bandung, Dadang M Nasser.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR