Kapuas Hulu Target Empat Guru Satu Sekolah

Kapuas Hulu Target Empat Guru Satu Sekolah

BERBAGI
Foto : Petrus Kusnadi, Kepala Disdikbud Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu berupaya agar mutu pendidikan di Bumi Uncak Kapuas terus meningkat. Selain menjamin pendidikan dapat menyentuh seluruh anak, Disdikbud Kapuas Hulu juga berupaya agar pemerataan guru bisa tercapai.

Kepala Disdikbud Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, mengatakan, guru di Kapuas Hulu belum merata ke setiap kecamatan. Guru-guru yang ada saat ini masih kurang.

“Satu sekolah minimal empat orang guru. Itu untuk mengoptimalkan pendidikan,” tuturnya, Jumat (18/8).

Dijelaskan Kusnadi, kalau mengharuskan empat guru dalam satu sekolah, berarti saat ini Kapuas Hulu masih kekurangan 600an guru.

“Kekurangan itu kami lihat jumlahnya tidak merata di seluruh kecamatan. Untuk memenuhi itu selama ini kita masih terbatas dana, kita sangat tergantung pada keuangan daerah,” tegasnya.

Menurut Kusnadi, jika ingin mengejar pemerataan guru maka harus berimbang dengan rombongan belajar (rombel) siswa.

“Kalau dihitung rasio rombel dengan guru, kita masih banyak kurang guru, lebih dari 600 guru itu,” paparnya.

Jika menghitung efisiensi pendidikan berdasarkan sertifikasi, dimana satu guru per 20 murid maka tidak terlalu banyak kekurangan guru di Kapuas Hulu.

“Cuma kalau ikut hitungan sertifikasi kelemahannya ada pada sebaran murid, karena tidak merata. Di Kapuas Hulu ada yang cukup 20 murid satu kelas, ada yang lebih, ada bahkan yang satu sekolah hanya 15 murid,” papar Kusnadi.

Namun apa pun keadannya, Kusnadi berkomitmen dinasnya tetap memperhatikan jaminan pendidikan, jika ada murid maka harus ada guru, berapa pun jumlah muridnya, karena pendidikan itu ada hak masyarakat terutama anak-anak bangsa dan itu dijamin oleh Undang-Undang.

“Kalau kita tidak penuhi itu, kita melanggar Undang-Undang,” tegas Kusnadi.

Untuk jumlah sekolah di Kapuas Hulu, Kusnadi mengatakan, tingkat Sekolah Dasar ada 406 sekolah, SMP 97 sekolah, SMA 29 sekolah.

“Dengan jumlah satuan pendidikan ini, kami berupaya agar anak-anak di Kapuas Hulu bisa mendapatkan hak pendidikannya,” tutup Kusnadi.

(Yohanes/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR